Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Drama VAR Liga Inggris: Emosi Arteta, Gulat, Tottenham Vs Chelsea Liar

Kompas.com - 07/11/2023, 15:00 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Pekan ke-11 Liga Inggris ramai dengan drama VAR. Saat perdebatan tentang gol Newcastle ke gawang Arsenal masih hangat, derbi London Tottenham vs Chelsea berjalan "liar".

Tinjauan VAR (Video Assistant Referee) dalam laga Newcastle vs Arsenal di St James' Park, Sabtu (4/11/2023) membuat Mikel Arteta berang.

Sang pelatih Arsenal itu merasa gol semata wayang penentu kemenangan 1-0 Newcastle yang diciptakan Anthony Gordon (64') tak semestinya disahkan.

Gol tersebut disahkan wasit Stuart Attwell usai melalui tiga rangkaian cek VAR untuk mengetahui apakah ada bola out, pelanggaran, dan offside.

“Ini memalukan,” kata Arteta dikutip dari Sky Sports.

“Anda tidak bisa membayangkan seberapa banyak pesan yang kami dapatkan, mengatakan ini tak bisa diteruskan. Memalukan. Maaf, memalukan,” ujar Arteta dengan emosional.

Baca juga: Kontroversi Newcastle Vs Arsenal: Gol Lolos 3 Cek VAR, Arteta Bilang Memalukan

“Itu bukan gol, untuk lebih dari satu alasan, itu bukan gol,” kata Arteta tak sepakat dengan keputusan wasit Stuart Attwell.

Ketika kontroversi soal laga Newcastle vs Arsenal masih hangat, drama VAR lain menyusul dalam laga Luton vs Liverpool di Kenilworth Road, Minggu (6/11/2023).

Dalam partai yang berkesudahan 1-1 itu, pelatih Liverpool Juergen Kloop menilai anak asuhnya layak mendapatkan penalti.

"Saya menghormati apa yang mereka lakukan. Namun, cara mereka bertahan dalam situasi bola mati, jika kalian menontonnya ulang, itu gulat," ujar Klopp.

Baca juga: Juergen Klopp: Luton Bertahan seperti Pegulat

Komentar pedas Klopp itu mengacu kepada momen Virgil van Dijk dijatuhkan Elijah Adebayo di kotak penalti Luton, sekitar menit ke-73.

Wasit Andy Madley melakukan cek VAR, tapi pada akhirnya tak memberikan penalti buat Liverpool. 

Drama VAR Liga Inggris pada pekan ke-11 ibarat mencapai klimaks pada derbi London antara Tottenham vs Chelsea, Selasa (7/11/2023) dini hari WIB. 

Partai di Tottenham Hotspur Stadium itu dinilai Sky Sports menyajikan babak pertama terliar dan tergila dalam sepanjang sejarah Liga Inggris.

Bagaimana tidak? Hanya dalam 45 menit pertama, wasit Michael Oliver menganulir empat gol, memberikan satu penalti, dan menetapkan masa injury time sepanjang 12 menit. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com