Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shin Tae-yong Sadari Kualitas Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kompas.com - 19/10/2023, 10:00 WIB
Muhammad Reza Triatmodjo,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberi tanggapan soal kualitas tim nasional Irak.

Timnas Indonesia berada satu grup dengan Irak pada Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia bersama dua tim lainnya, Vietnam dan Filipina.

Saat ini, dalam peringkat FIFA, Irak berada di posisi ke-69, sedangkan timnas Indonesia berada di peringkat ke-147.

Meskipun begitu, timnas Indonesia tidak berniat menyerah dengan mudah.

Timnas Indonesia akan segera menghadapi Irak dalam pertandingan perdana Grup F pada tanggal 16 November 2023, meskipun lokasi pertandingan ini belum diumumkan.

Baca juga: Jadwal Timnas Indonesia di Babak Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026: Diawali Tandang ke Irak

Shin Tae-yong menyadari ini akan menjadi pertandingan yang sulit untuk timnas Indonesia, terutama karena mereka akan bermain di kandang Irak.

Shin Tae-yong memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan timnas Indonesia sebaik mungkin dan berharap agar para pemain tetap tampil maksimal dalam pertandingan.

"Pada laga pertama, kami akan melawan Irak di pertandingan tandang, tentu saja Irak lebih kuat daripada timnas Indonesia," kata Shin Tae-yong.

Ia menekankan pentingnya kepercayaan diri dan keberanian para pemain, termasuk berani bermain di zona lawan.

Baca juga: Calon Lawan Timnas Indonesia di Babak Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ada Irak dan Vietnam

"Jadi, yang penting pemain harus percaya diri, bahkan, anak-anak harus berani bermain di daerah lawan," kata pelatih berusia 53 tahun itu.

Grup F memiliki lawan-lawan tangguh selain Irak, yaitu Vietnam dan Filipina. Kedua negara tersebut juga berada di peringkat FIFA di atas timnas Indonesia. Vietnam berada di peringkat ke-95 dan Filipina di peringkat 132.

Shin Tae-yong juga memberi atensi kepada kedua tim tersebut dan menyadari bahwa persiapan timnas Indonesia harus lebih matang.

"Memang tim-tim lawan kami di Grup F ini lebih baik daripada timnas Indonesia, jadi persiapan kami harus lebih matang lagi," tutur Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia berhasil melaju ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Tenggara dengan mengalahkan Brunei Darussalam dengan skor agregat 12-0.

Mereka menang besar dengan skor 6-0 pada leg pertama di Jakarta dan mengulanginya dengan kemenangan serupa pada leg kedua di Brunei Darussalam.

(Bolasport/Mochamad Hary Prasetya)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com