Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dewa United Vs Persebaya: Ady Setiawan Kolaps, Arief Catur Jenguk ke RS dan Minta Maaf

Kompas.com - 01/10/2023, 08:00 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

 KOMPAS.com - Pemain Dewa United, Ady Setiawan, harus dilarikan ke rumah sakit setelah kolaps di tengah pertandingan melawan Persebaya Surabaya.

Laga pekan ke-14 Liga 1 2023-2024 antara Dewa United vs Persebaya digelar di Stadion Indomilk Arena, Sabtu (30/9/2023) sore.

Ady Setiawan kehilangan kesadaran setelah kepala bagian belakangnya terkena sikut wing back Persebaya, Arief Catur Pamungkas, dalam duel bola udara.

Pemain berusia 29 tahun tersebut mengerang kesakitan sambil memegangi kepala bagian belakang. Ia akhirnya dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

Baca juga: Hasil Dewa United Vs Persebaya 1-1: Ady Setiawan Tumbang Disikut Arief Catur, Laga Imbang

Setelah pertandingan, Manajer Persebaya, Yahya Alkatiri bersama kapten tim, Reva Adi, serta dokter tim, Ahmad Ridhoi, dan Arief Catur mendatangi rumah sakit tempat Ady Setiawan dirawat.

Mereka datang untuk meminta maaf kepada pemain yang juga pernah menjadi bagian Persebaya pada musim 2021 lalu.

"Catur dan Persebaya meminta maaf atas kejadian yang terjadi di lapangan. Serta memberikan dukungan dan doa agar Ady dapat segera pulih dan kembali ke lapangan," tulis Persebaya di Instagram, lengkap dengan foto Ady yang sedang berbaring.

Pemain asal Bima tersebut memang punya kedekatan dengan Persebaya. Ia pernah menjadi pemain penting saat tim berjuluk Bajul Ijo bersaing di papan atas Liga 1 2021-2022 silam.

Tak heran, saat insiden terjadi, personel Persebaya turut memberikan bantuan kepada Ady Setiawan.

"Sebelumnya di lapangan, tim medis Persebaya juga aktif dalam membantu penanganan Ady," tulis Persebaya.

Tim kebanggaan Bonek tersebut bertekad selalu menjunjung tinggi kemanusiaan dan fair play. Semangat itu akan kembali ditegaskan Persebaya kepada anggota tim.

"Di internal tim, manajemen akan segera mengumpulkan seluruh anggota tim, guna menekankan kembali pentingnya respect dan fair play dalam sepak bola."

"Cepat pulih Ady. Doa dan dukungan kami bersamamu," demikian akhir dari keterangan Persebaya.

Baca juga: Arief Catur Andalan Baru Persebaya, Buah Perjuangan Sang Bek Kanan

Selain mendapatkan sorotan dari manajemen Persebaya, tindakan Arief Catur juga dipastikan berujung sanksi dari Komdis PSSI. Sebab, saat kejadian ia langsung mendapatkan kartu merah.

Berdasarkan hukuman yang dikeluarkan Komdis PSSI pada kasus yang sama, paling tidak Arief Catur akan mendapatkan larangan main sebanyak dua kali beserta denda 10 juta rupiah.

Sementara itu, Medical Officer Indomilk Arena, dr David Setiawan, mengungkapkan Ady Setiawan sempat pingsan karena shock. Tapi, menurutnya tidak ada hal yang membahayakan.

“Dia sudah sadar. Rupanya tak terlalu berdampak besar, hanya saja ada sakit karena benturan. Insya Allah sudah baik,” katanya menjelaskan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com