Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Pemain Persebaya, Arief Catur, Jadi Idola Baru Bonek

Kompas.com - 24/09/2023, 11:00 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Arief Catur Pamungkas tampil impresif saat pekan ke-13 Liga 1 2023-2024 Persebaya Surabaya vs Arema FC.

Ia turut membawa Persebaya mengalahkan Arema FC dengan skor 3-1 pada laga bertajuk Derbi Jawa Timur di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (23/9/2023) sore.

Kontribusi besarnya pada pertandingan membuatnya mendapatkan pengakuan dari pengamat sepak bola dan juga suporter Persebaya, Bonek.

Dipercaya mengisi posisi wing back, ia menunjukkan kontribusi besar.

Baca juga: Klasemen Liga 1, Persib Tembus 5 Besar, Persebaya Tempel Ketat

Permainannya di lini pertahanan Persebaya sangat solid dan lugas. Dia tercatat telah melakukan tujuh tekel dengan empat di antaranya sukses, termasuk empat kali sapuan dan dua kali intersep.

Keberadaannya di sisi kiri pertahanan Persebaya juga mampu membuat skema serang Arema FC dari sektor flank tidak pernah bisa berjalan mulus.

Tidak hanya itu, ia juga tampil menjadi penyelamat gawang Persebaya pada menit ke-34. Ia mengeblok tendangan Dedik Setiawan saat kiper Andika Ramadani sudah keluar dari posisinya.

Aksi tersebut berhasil membuat Arema FC kehilangan momentum sekaligus meningkatkan kepercayaan diri Persebaya.

Baca juga: Hasil Persebaya Vs Arema 3-1: Ze Valente Kalahkan Ayah via Gol Indah

Tidak hanya andal dalam bertahan, Arief Catur juga menunjukan agresivitasnya saat menyerang. Ia aktif mengirimkan suplai bola kepada Sho Yamamoto, Ze Valente, dan Bruno Moreira.

Selain itu, ia juga hampir mencetak gol pada menit ke-85 setelah memanfaatkan kesalahan Arkhan Fikri. Sayang, ia gagal menceploskan bola dalam keadaan one on one dengan kiper Arema FC, Julian Schwarzer.

Hingga saat ini, cuplikan video aksi heroiknya ramai berseliweran di lini masa media sosial. Pujian dan sanjungan pun deras mengalir kepadanya di kolom komentar.

Pemain berusia 24 tahun tersebut tetap membumi di tengah banjir pujian yang ia dapatkan. Ia mengatakan pencapaian ini berkat kerja keras dan bimbingan pelatih Josep Gombau.

"Dalam pertandingan tadi, itu memang cukup tinggi intensitas permainannya. Namun, kami atur dengan ritme permainan. Teman-teman kompak, kerja keras, dan saling mendukung. Alhamdulillah hasilnya tiga poin,” jelas pemain jebolan kompetisi internal Anak Bangsa itu.

“Dalam latihan Coach Josep memberikan dasar-dasar sepak bola dari hal-hal kecil. Dia memberikan pembelajaran kepada kami semua,” katanya.

Pemain Persebaya Surabaya Arief Catur menjaga pemain Arema FC Arkhan Fikri saat pertandingan pekan ke-13 Liga 1 2023-2024 yang berakhir dengan skor 3-1 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (23/9/2023) sore.DKW IMAGES Pemain Persebaya Surabaya Arief Catur menjaga pemain Arema FC Arkhan Fikri saat pertandingan pekan ke-13 Liga 1 2023-2024 yang berakhir dengan skor 3-1 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (23/9/2023) sore.

Sementara itu, Josep Gombau juga memberikan apresiasi kepada pemain kelahiran 25 Juli 1999 tersebut.

Menurut dia, Arief Catur adalah pemain paket lengkap yang andal dalam bertahan serta bagus dalam menyerang.

"Tanpa menyampingkan kerja keras pemain lain, Catur memang bermain bagus hari ini. Di luar save krusialnya, dia tetap bermain bagus. Dia menyerang, memberikan crossing, dan dia juga memiliki beberapa peluang. Itu adalah bukti betapa dia bekerja keras," katanya.

Keberhasilan Arief Catur menambah daftar panjang pemain jebolan Persebaya yang sukses menjadi pemain kelas wahid di Indonesia.

Sebelumnya, ada Rizky Ridho, Marselino Ferdinan, Ernando Ari, dan Koko Ari Araya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com