Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persebaya dan Bonek Donasikan Rp 100 Juta bagi Korban Tragedi Kanjuruhan

Kompas.com - 24/09/2023, 05:30 WIB
Suci Rahayu,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Persebaya Surabaya dan Bonek mendonasikan Rp 100 juta dari hasil penjualan tiket pertandingan Derbi Jawa Timur melawan Arema FC kepada keluarga korban Tragedi Kanjuruhan.

Donasi ini diserahkan secara simbolis oleh CEO Persebaya, Azrul Ananda, sebelum kick off pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (23/9/2023) sore.

Donasi diterima perwakilan keluarga korban dengan tangis haru. Mereka berharap kepedulian yang ditunjukan Persebaya dan Bonek bisa menjadi babak baru bagi rivalitas yang lebih sehat bagi sepak bola Indonesia, suporter khususnya.

"Semoga donasinya bermanfaat untuk Tragedi Kanjuruhan, semoga ini menjadi tunas perdamaian persepakbolaan dan suporter seluruh Indonesia," ujar perwakilan keluarga korban melalui pengeras suara.

Baca juga: Hasil Persebaya Vs Arema 3-1: Ze Valente Kalahkan Ayah via Gol Indah

Tragedi Kanjuruhan 1 Oktober 2022 menjadi peristiwa besar dalam sepak bola Indonesia dan dunia.

Malam tersebut seharusnya menjadi hiburan bagi penikmat sepak bola, tetapi justru berujung tragedi yang menewaskan 135 korban jiwa.

Perdamaian menjadi kunci utama agar tragedi memilukan ini tidak terjadi kembali. Keluarga korban pun siap memulai perdamaian tersebut dengan memvalidasi ketulusan Bonek.

"Kami keluarga korban Tragedi Kanjuruhan siap menjadi tunas perdamaian persepakbolaan Indonesia," pungkasnya.

Derbi Jawa Timur kali ini memang berbeda dari sepanjang sejarah pertemuan kedua klub.

Jika sebelumnya menjelang pertandingan muncul psywar yang meningkatkan tensi pertandingan, kini Persebaya dan Bonek justru berusaha menekan isu-isu tentang rivalitas buta.

Mereka mengusung semangat Surabaya aman dan nyaman untuk siapa saja.

Baca juga: Gate 13 Jadi Memorial Tragedi Kanjuruhan

Salah satunya dengan aksi membagi bunga bagi kendaraan plat N (Kode Kota Malang) di Surabaya Raya. Aksi ini dilakukan Bonek yang langsung turun ke jalan.

Bonek juga melakukan koordinasi dengan otoritas keamanan untuk memberikan pengawalan kepada tim Arema FC selama di Surabaya.

Selain itu Persebaya juga rutin menyebar edukasi dan sosialisasi yang mendorong Bonek mendukung dengan mengedepankan kreativitas seperti mengadakan kompetisi chant serta kompetisi kostum paling unik.

Pertandingan berjalan dengan baik, lancar dan kondusif. Pemain Arema FC berangkat menggunakan bus walaupun masih dikawal kendaraan rantis dan tim gabungan.

Selama pertandingan Persebaya tampil dominan tetapi Arema FC memberikan perlawanan sengit.

Persebaya berhasil memenangkan pertandingan pekan ke-13 Liga 1 2023-2024 dengan skor akhir 3-1.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com