Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persebaya Vs Arema FC, Ze Valente Tak Komunikasi dengan Ayah

Kompas.com - 20/09/2023, 16:00 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjelang Derbi Jawa Timur, gelandang Persebaya Surabaya, Ze Valente, mengambil keputusan untuk memutuskan kontak dengan sang ayah, Fernando Valente, yang kini menjabat sebagai pelatih Arema FC.

Hal itu dilakukan untuk menjaga fokus pertandingan pekan ke-13 Liga 1 2023-2024 Persebaya vs Arema FC yang akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (23/9/2023) mendatang.

"Setelah laga lawan Madura United, saya tidak komunikasi dengan ayah dan tidak berencana berkomunikasi. Sebab, beliau pasti fokus bersama Arema dan saya fokus memenangkan Persebaya," ujarnya.

Ze Valente ingin bersikap seprofesional mungkin. Karena itu, dia tidak ingin melibatkan koneksi keluarga pada pertandingan nanti.

Baca juga: Laga Persebaya Vs Arema FC Akhirnya Bisa Digelar di GBT

Ia menegaskan, saat ini ia memosisikan diri sebagai pemain Persebaya yang akan mengalahkan Arema FC.

"Koneksi keluarga tidak akan memengaruhi karena kalau di lapangan fokus dengan Persebaya untuk memenangkan pertandingan," tutur pemain asal Portugal itu.

"Motivasi saya tidak untuk mengalahkan ayah, tetapi mengalahkan Arema FC," katanya.

Ia pun total untuk membawa kemenangan Persebaya. Ia tidak sungkan berbagi informasi guna menjadi bekal rekan-rekannya untuk memperbesar peluang menang.

Baca juga: Kondisi Kini Kiper Persebaya yang Dilarikan ke RS Saat Derbi Suramadu

Ze Valente cukup percaya diri dengan informasi yang ia punya karena sudah pernah bertemu dengan sang ayah, baik sebagai lawan maupun sebagai satu tim.

"Jadi, sudah tahu style-nya bermain," kata mantan pemain PSS Sleman itu.

"Sebisa mungkin informasi yang saya miliki akan di-share dan kalau pelatih bertanya juga akan dibantu untuk memenangkan pertandingan," katanya.

Mantan pelatih PSS Sleman itu pun memastikan tidak akan setengah-setengah pada pertandingan nanti.

Saat laga berlangsung selama 90 menit, tidak ada sosok Ze Valente putra dari Fernando Valente, tetapi seorang gelandang Persebaya Surabaya yang akan mengalahkan Arema FC.

Pemain Persebaya Surabaya Ze Valente selebrasi usai menjebol gawang Borneo FC saat laga pekan ke-11 Liga 1 2023-2024 yang berakhir dengan skor 2-1 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu (3/9/2023) sore.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pemain Persebaya Surabaya Ze Valente selebrasi usai menjebol gawang Borneo FC saat laga pekan ke-11 Liga 1 2023-2024 yang berakhir dengan skor 2-1 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu (3/9/2023) sore.

"Yang pasti ini pertandingan bukan saya lawan ayah saya, melainkan ini pertandingan Persebaya lawan Arema FC," katanya.

Laga Derbi Jatim dipastikan disesaki bonek sebab ini adalah kali pertama Persebaya menjamu Arema FC di kandang sendiri sejak Piala Presiden 2019 silam.

Ze Valente berharap dukungan penuh bonek serta meminta komitmen untuk menjaga kondusivitas pertandingan nanti.

"Laga big match, saya ingin bonek dan bonita memberikan dukungan total, tetapi tetap dalam koridor baik bisa memberikan contoh yang baik dalam mendukung tim," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com