Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persebaya Vs Arema FC Dipastikan Digelar di Gelora Bung Tomo

Kompas.com - 18/09/2023, 23:36 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Laga pekan ke-13 Liga 1 2023-2024 antara Persebaya vs Arema FC dipastikan akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (23/9/2023) sore. 

Kementerian PUPR telah memberikan izin Persebaya untuk tetap main di kandang, Stadion Gelora Bung Tomo (SGBT).

Mereka secara resmi telah menarik surat tentang larangan penggunaan SGBT yang dikeluarkan 15 September lalu, berkaitan dengan persiapan Piala Dunia U17 2023.

Gelora Bung Tomo memang menjadi salah satu dari empat stadion yang dipersiapkan sebagai arena laga Piala Dunia U17 2023 pada 10 November-2 Desember 2023 nanti.

Larangan dari Kementerian PUPR tersebut mendapatkan respons negatif dari Bonek dan Persebaya.

Pihak Persebaya dan Bonek merasa jadwal pelaksanaan Piala Dunia U17 2023 masih sangat jauh, sehingga tak perlu dikeluarkan surat larangan.

Lantaran terbitnya surat dari Kementerian PUPR itu, Persebaya sempat terancam tidak bisa menjamu Arema FC di SGBT untuk keempat kalinya dalam empat tahun terakhir.

Baca juga: Kondisi Kini Kiper Persebaya yang Dilarikan ke RS Saat Derbi Suramadu

Komunitas tribune Bonek kemudian beraliansi menuntut supaya Persebaya bisa menjamu Arema FC di SGBT pada tanggal 23 September mendatang.

Rencananya, jika tuntutan tidak dikabulkan, aliansi Bonek mengancam akan melakukan aksi damai dengan mengerahkan 10.000 orang, pada Selasa (19/9/2023) siang.

Menanggapi rencana aksi tersebut, Kementerian PUPR melakukan respons cepat. Mereka menugaskan M. Akbar Ansari menemui perwakilan Bonek.

Kementerian PUPR lantas menghubungi PT Liga Indonesia Baru sebagai operator kompetisi dan menegaskan bahwa Persebaya bisa menjamu Arema FC di Stadion GBT yang berada di Benowo itu.

“Kami sudah mempersilakan Persebaya menggunakan stadion. Kami juga sudah memberitahu hal ini kepada pihak operator kompetisi,” kata M. Akbar Ansari.

Baca juga: Serba Pertama Kemenangan Madura United atas Persebaya

Pihak Pemkot Surabaya yang diwakili oleh Trio Wahyu Bowo, sebagai Stadium Manager GBT, juga mempersilakan Persebaya menjamu Arema FC di sana.

Namun, ia meminta komitmen Bonek untuk menjaga situasi kondusif selama pertandingan.

“Silakan digunakan, tapi mari kita sama-sama menjaga stadion GBT yang tidak lain adalah aset bersama masyarakat Kota Surabaya,” ujar Trio.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com