Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas U23 Indonesia Vs Turkmenistan: Jam Terbang Tinggi Bantu Garuda

Kompas.com - 11/09/2023, 10:30 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Timnas Indonesia U23 tengah menjadi pusat perbincangan usai menang telak 9-0 atas Taiwan pada laga pertama Grup K Kualifikasi Piala Asia U23 2024.

Pesta 9 gol dilakukan timnas U23 Indonesia kala melawan Taiwan di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9/2023) lalu.

Skor tersebut dianggap menakjubkan, karena menjadi rekor kemenangan terbesar timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Kemenangan itu menjadi modal Indonesia untuk menantang Turkmenistan pada laga terakhir Grup K Kualifikasi Piala Asia U23 2024.

Suporter timnas Indonesia, Domy Stupa, melihat secara materi, timnas Indonesia unggul kedalaman dan pengalaman dari skuad Taiwan.

"Luar biasa sekali permainan timnas karena memang mereka kebanyakan pemain Liga 1, pemain reguler, jadi memang kalau di atas kertas lawan Taiwan menang banyak," ucap pria yang biasa disapa Domy itu kepada Kompas.com.

Baca juga: Timnas U23 Indonesia Vs Taiwan 9-0: Tepuk Tangan Shin Tae-yong untuk Kerja Keras Garuda Muda

Timnas Indonesia U23 saat ini bahkan disebut Ketum PSSI, Erick Thohir, sebagai generasi emas.

Tim ini banyak berisikan pemain-pemain yang sebenarnya dipersiapkan untuk main di Piala Dunia U20 2023, sebelum akhirnya turnamen itu batal digelar di Indonesia.

Mayoritas pemain yang ada dalam skuad punya jam terbang tinggi di kompetisi sepak bola Indonesia.

Sebut saja Alfeandra Dewangga (PSIS), Rizky Ridho (Persija), Ernando Ari (Persebaya), Muhammad Ferarri (Persija), Ramadhan Sananta (Persis), dan Witan Sulaeman (Persija).

Baca juga: Indonesia Libas Taiwan 9-0, Papan Skor Sampai Tak Muat Tulis Daftar Pencetak Gol

Ada pula pemain yang mencicipi kompetisi luar negeri semodel Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Elkan Baggot (Ipswich Town), Ivar Jenner (Utrecht), Rafael Struick (ADO Den Haag), dan Pratama Arhan (Tokyo Verdy). 

Sementara itu, sang lawan Indonesia kemarin, Taiwan, banyak diperkuat pemain-pemain klub universitas.

Suporter Timnas Indonesia Domy Stupa dan Divo Sashendra foto bersama disepan stadion sebelum menyaksikan kualifikasi Piala Asia U23 antara Indonesia vs Taiwan di Stadion Manahan Solo, Sabtu (9/9/2023) sore.Dokumentasi Pribadi Suporter Timnas Indonesia Domy Stupa dan Divo Sashendra foto bersama disepan stadion sebelum menyaksikan kualifikasi Piala Asia U23 antara Indonesia vs Taiwan di Stadion Manahan Solo, Sabtu (9/9/2023) sore.

Saat ini, timnas U23 Indonesia menjadi pemuncak klasemen Grup K karena unggul produktivitas gol dari Turkmenistan.

Sebelumnya, Turkmenistan juga berhasil menang atas Taiwan dengan skor 4-0.

Secara hitung-hitungan, timnas U23 Indonesia hanya perlu hasil imbang untuk bisa melaju ke panggung utama Piala Asia U23 di Qatar pada 2024 nanti.

"Semoga laga berikutnya kita bisa menang banyak juga, jadi bisa lolos ke Asia," ujar Domy Stupa.

Indonesia akan melawan Turkmenistan dalam laga pamungkas Grup K Kualifikasi Piala Asia U23 2024. Partai itu bakal dihelat di Stadion Manahan. Solo, Selasa (12/9/2023) besok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com