Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prediksi Starting PSIS Vs Persib, Frets Butuan Bisa Jadi Pembeda Maung

Kompas.com - 20/08/2023, 13:32 WIB
Adil Nursalam,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Persib Bandung dalam keadaan pincang. Maung Bandung tanpa enam pemain penting saat menghadapi PSIS Semarang dalam laga pekan kesembilan Liga 1 2023-2024.

Jadwal PSIS Semarang vs Persib Bandung akan berlangsung Minggu (20/8/2023) malam pukul 19.00 WIB di Stadion Jatidiri Semarang. 

Paling berpengaruh, Persib dipastikan tampil tanpa dua penyerang Brasil, David da Silva dan Ciro Alves. 

Pelatih kepala Persib, Bojan Hodak, harus berpikir keras dalam menentukan pemain yang tepat untuk menjadi ujung tombak.

Baca juga: PSIS Vs Persib, Bojan Hodak Waspada Transisi Cepat Mahesa Jenar

Dalam formasi 4-3-3, Ezra Walian bisa jadi opsi Persib Bandung untuk bermain di posisi aslinya sebagai nomor 9. 

Ryan Kurnia yang telah menyumbangkan satu gol mungkin menjadi andalan sejak menit pertama mengisi sisi sayap kanan penyerangan.

Frets Butuan dalam jumpa pers Minggu (19/3/2023) di Graha Persib jelang pertandingan pekan ke-31 Liga 1 2022-2023 antara Persib Bandung vs Dewa United.KOMPAS.com/Adil Nursalam Frets Butuan dalam jumpa pers Minggu (19/3/2023) di Graha Persib jelang pertandingan pekan ke-31 Liga 1 2022-2023 antara Persib Bandung vs Dewa United.

Jangan lupakan Frets Butuan. Pemain cepat ini baru kembali ke skuad Persib setelah bertugas di kesatuannya pada Piala Panglima 2023. 

Frets adalah pemain yang juga bisa diandalkan untuk mencetak gol. Catatan terbaiknya musim 2021-2022 ketika mencetak tiga gol dan enam assist dari 33 penampilan. 

Menempatkan Frets di sayap kiri sebagai inverted winger, bisa menjadi pembeda Persib yang selama ini mengandalkan Beckham Putra hingga Edo Febriansah di pos tersebut. 

Baca juga: PSIS Vs Persib, Bojan Hodak Minta Pembuktian dari Pemain

Dedi Kusnandar juga bakal absen karena cedera hamstring. Namun tak masalah karena Persib punya stok gelandang melimpah. 

Marc Klok, Rachmat Irianto, dan gelandang asing Levy Madinda diprediksi akan turun sejak menit pertama. 

Formasi empat bek sejajar, Kakang Rudianto mungkin mengisi pos sisi sayap kanan untuk memenuhi kebutuhan regulasi pemain U23 di Liga 1 2023-2024. 

Selagi I Putu Gede absen sebab sanksi Komisi Disiplin PSSI, ia pantas dicoba guna mengembalikan lagi atmosfernya berkompetisi usai jalani pendidikan di Akademi Polisi. 

Baca juga: PSIS Vs Persib, Tanpa DDS dan Ciro Alves Maung Bandung Krisis Striker?

Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, dan Daisuke Sato bakal melengkapi komposisi untuk menangkal kecepatan-kecepatan PSIS yang mengandalkan Taisei Marukawa dan Paulo Gali Freitas. 

PSIS sudah diamati Bojan Hodak kerap melancarkan serangan balik memanfaatkan transisi di sektor sayap. 

Bek Persib, Nick Kuipers, tak cemas meski banyak pemain yang absen di timnya. Ini harus jadi momentum untuk para pemain yang selama ini ada di bangku cadangan. 

“Pada akhirnya, ini mungkin bagus untuk beberapa pemain memperlihatkan kualitas mereka,” kata bek asal Belanda itu. 

“Jadi saya rasa tidak masalah tampil dengan para pemain yang datang dari bench dan saya melihat ke depan untuk menghadapi pertandingan nanti. Saya tidak merasa cemas. Jadi saya tetap positif menghadapi pertandingan,” paparnya. 

Prediksi starting Persib saat hadapi PSIS di Jatidiri:

Fitrul Dwi Rustapa (GK), Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, Daisuke Sato, Kakang Rudianto, Marc Klok, Rachmat Irianto, Levy Madinda, Frets Butuan, Ryan Kurnia, Ezra Walian.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com