Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas Wushu Kembali Panen Medali di Ajang The FISU World University Games 2023 Chengdu.

Kompas.com - 03/08/2023, 17:30 WIB
Ferril Dennys

Penulis


KOMPAS.com - Timnas Wushu Indonesia sukses menyumbangkan 4 medali emas dan 3 perak bagi Kontingen Indonesia pada The FISU World University Games 2023 Chengdu.

Sebelumnya atlet taolu putri Nandhira Mauriskha menyumbang 2 emas dan atlet taolu senior putra Edgar dengan 2 medali perak. 

Kini giliran atlet Sanda Indonesia yang juga telah menjalani Trainning Camp (TC) di China menunjukkan kemampuannya dengan menyumbangkan 2 emas dan 1 perak.

Dalam pertandingan final kelas 52 kg putri di Chengbei Gymnasium Chengdu, China, Kamis (3/8/2023), Tharisa Dea Florentina berhasil meraih medali emas. 

Mahasiswi Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyumbangkan medali emas setelah mengalahkan Ruggieri MBV dari Perancis dengan skor 2-0.

Tharisa juga meraih kemenangan dengan skor yang sama atas Turksoy Hancer Harriye dari Turkiye di semifinal.

Baca juga: Target Timnas Wushu Indonesia di FISU World University Games 2023

 

"Saya senang bisa naik di atas podium dengan menyumbangkan medali emas bagi Kontingen Indonesia. Terimakasih pak Ketum PB WI yang telah memberikan perhatian terhadap Timnas Wushu Indonesia dengan fasilitas TC di China," kata Tharisa.

"Saya akan kembali konsentrasi menjalani program latihan untuk menghadapi persaingan ketat di Asian Games 2023 Hangzhou nanti. Saya akan berusaha mempertahankan medali emas untuk kembali disumbangkan bagi Kontingen Merah Putih," ujarnya menambahkan. 

Kesuksesan Tharisa diikuti Laksmana Pandu Pratama yang tampil di kelas 52kg Putra.

Pada final, mahasiswa UNNES ini mengubur impian Mehmet Demirci dari Turkiye dengan skor 2-0.

Sebelumnya, Pandu, panggilan karibnya, menyingkirkan Abdurashitov S dari Uzbekhistan di perempat final dan Armen Phangcai dari Thailand di semifinal dengan skor yang sama.

"Saya senang dan bangga bisa mempersembahkan medali emas bagi Kontingen Indonesia di Universiade ini. Setelah ini, saya akan kembali fokus menjalani program latihan untuk meraih medali di Asian Games 2023 Hangzhou," kata Pandu.

Sayangnya kesuksesan Tharisa dan Pandu gagal diikuti Bintang Reindra Nada Guitara yang turun di kelas 60 kg Putra.

Mahasiswa UNNES ini harus puas mengantongi medali perak setelah di pertandingan final dipaksa mengakui ketangguhan atlet tuan rumah China, Yigu Ma dengan skot 0-2.

Meski begitu, Bintang telah menunjukkan kualitasnya dengan mengalahkan Shoja Panahigehkolaei dari Iran yang selalu merajai event internasional di semifinal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com