Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Kurnia Meiga Lawan Sakit: Dulu Berjuang Sendirian, Kini Terima Bantuan

Kompas.com - 06/07/2023, 04:49 WIB
Ahmad Zilky,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Mantan kiper timnas Indonesia, Kurnia Meiga, sempat berjuang sendirian melawan sakit. Kini, dia menerima bantuan dari Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Kurnia Meiga sempat menjadi andalan timnas Indonesia di sektor penjaga gawang. Akan tetapi, kariernya terhenti setelah terkena penyakit gangguan mata.

Oleh sebab itu, Kurnia Meiga pun harus menepi dari kariernya sebagai pesepak bola profesional pada tahun 2017.

"Untuk penyakit dari 2017, sampai saat ini, kondisi saya memang masih kurang lebih lima persen di penglihatan," ucap Meiga saat ditanya mengenai alasan gantung sarung tangan lebih awal kepada awak media, termasuk Kompas.com pada Rabu (5/7/2023).

Baca juga: Kurnia Meiga Jual Medali dan Atribut Sepak Bola Pribadi, Menpora Susun Langkah

Erick Thohir kirimkan bantuan

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, akhirnya mengulurkan tangan untuk memberikan bantuan kepada Kurnia Meiga.

Bantuan yang diberikan Erick Thohir meliputi perawatan medis, alat bantu penglihatan, bisnis, dan renovasi rumah.

"Allhamdulilah, saat ini saya membantu, ada kesepakatan antara Meiga dan keluarga, serta Bu Jenny yang mempunyai franchise Magu Magu Chicken (usaha untuk Meiga)," ucap Erick Thohir pada Rabu (5/7/2023).

"Sudah ada kesepakatan waktu itu bahwa kami mendampingi Kurnia Meiga untuk menjaga supaya penglihatannya tidak jelek dengan membantu secara medis dan memberikan alat bantu," katanya.

Baca juga: Erick Thohir Beri Bantuan ke Kurnia Meiga: Bisnis, Pengobatan, dan Renovasi Rumah

"Memang kami mendorong untuk menjaga pola makan. Di samping itu, kami juga harus percaya takdir Allah, pemain yang sedang bagus terkena cedera dan tak bisa main lagi,” katanya.

Dokter berupaya pertahankan kondisi mata Kurnia Meiga

Dokter Rumah Sakit Pertamina, Asep Syaiful, mengatakan bahwa tim dokter saat ini tengah berusaha untuk mempertahankan kondisi mata kanan Kurnia Meiga yang fungsinya tersisa lima persen.

"Yang penting sekarang, kami mencoba untuk pertahankan lima persennya itu, jangan sampai memburuk," kata Asep Syaiful.

Menurut Asep Syaiful, tim dokter tidak akan melakukan operasi, tetapi bakal mencoba agar Meiga menjalani transplantasi mata.

Walau demikian, Asep Syaiful menjelaskan bahwa tindakan untuk transplantasi mata ke Kurnia Meiga mesti melewati sejumlah kajian.

Baca juga: Terkait Kondisi Kurnia Meiga, Putu Gede Senggol Arema FC dan Pemerintah

"Memang untuk tindakan seperti ini tidak dioperasi. Sebab, memang kalau dioperasi juga tidak banyak keuntungannya kepada yang dioperasi," kata dia.

"Kami sedang coba, apakah memungkinkan transplantasi, tetapi masih ada beberapa kajian yang sepertinya agak sulit," ungkapnya.

Berjuang melawan sakit selama enam tahun

Sementara itu, Istri Kurnia Meiga, Azhiera Adzka Fathir, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Erick Thohir.

Pasalnya, Azhiera Adzka Fathir menjelaskan bahwa Kurnia Meiga sudah berjuang sendirian melawan sakit selama enam tahun.

"Saya ucapkan terima kasih banyak kepada Pak Erick Thohir yang telah membantu dan peduli kepada keluarga kami," kata Azhiera.

Baca juga: Kurnia Meiga Jual Medali, Joko Susilo Angkat Bicara

"Sebab, enam tahun ini, kami berjuang sendiri, tetapi sekarang alhamdulilah untuk medis, usaha, dan renovasi sudah ditangani. Terima kasih, semoga Pak Erick sukses selalu," ujarnya melanjutkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com