Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSSI Bentuk Yayasan untuk Pesepak Bola, Siapkan 2 Program

Kompas.com - 22/06/2023, 14:52 WIB
Ahmad Zilky,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan bahwa pihaknya bakal membentuk Yayasan Bakti Sepak Bola Indonesia.

Erick Thohir mengungkapkan bahwa PSSI ingin untuk menjaga kesejahteraan para pesepak bola, kendati sudah tak lagi bisa berkontribusi untuk tim nasional.

“Ini lah yang saya rasa, kami dari PSSI kepengurusan yang baru ingin ubah presepsi,” kata Erick Thohir dalam sesi konferensi pers di GBK Arena yang dihadiri Kompas.com pada Kamis (22/6/2023).

“Jadi pemain timnas selesai ya selesai, terpuruk, terlupakan bahkan kesehatan tidak terjamin, apalagi masa depannya,” tutur dia.

“Ini kenapa, kami di yayasan ingin membuktikan PSSI hadir merawat dan membina,” tambah dia.

Baca juga: Pesan PSSI untuk Wasit Liga Indonesia yang Lolos Seleksi

Menurut Erick Thohir, PSSI menyiapkan dua program dalam pembentukan yayasan untuk mantan dan pesepak bola Indonesia.

“Ada dua program yang akan dilakukan. Pertama, isu kesehatan,” ungkap mantan pemilik Inter Milan itu.

“Kami akan buat program pasca mereka sudah tidak bermain, kesehatan tetap terjamin. Kedua, penataan karier saat dan sesudah,” tutur dia menambahkan.

Erick Thohir membandingkan apa yang dilakukan sepak bola Jepang untuk para pesepak bola. Menurutnya, Negeri Sakura telah menyiapkan program khusus buat para atlet.

“Ini yang dibicarakan saya dan Pak Waketum saat studi banding ke Jepang, sepak bola Jepang (JFA), di sana ada program post-atlet,” kata dia.

Baca juga: Indonesia Vs Argentina, PSSI Bicara Hukuman Suporter Nekat Masuk Lapangan

Oleh karena itu, Erick Thohir mengungkapkan bahwa PSSI akan memberikan penyuluhan kepada pemain muda mengenai jenjang karier seusai tak lagi menjadi pesepak bola.

“Di sini, kami punya program, kami paparkan di U16, U17, rencana yayasan setelah usianya senja,” jelas dia.

“Mungkin juga para pemain yang jelas sudah tidak memperkuat timnas lagi, kami juga memaparkan. Ini loh career path atau keberlanjutan karier ke depannya,” ungkap dia.

Menteri BUMN itu lalu mencontohkan salah satu program yang akan dijalankan yakni, dengan memberikan kesempatan kepada mantan pesepak bola untuk ditempatkan di Aparatur Sipil Negara (ASN), Polri, TNI, atau BUMN.

Baca juga: Langkah Nyata dari Kerja Sama PSSI dan Jepang

“Kemarin tim SEA Games yang masih prima, belum pasca sudah diberikan pemerintah kesempataan untuk bekerja atau bergabung di ASN, Polri, TNI, da BUMN. Ini juga akan menjadi program kami,” tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com