Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Vs Argentina, Alasan Skuad Garuda Sempat Tak Latihan di SUGBK

Kompas.com - 18/06/2023, 22:00 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan alasan skuad Garuda sempat tidak menjalani latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjelang laga melawan Argentina.

Laga timnas Indonesia vs Argentina dalam rangkaian FIFA Matchday edisi Juni 2023 dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, pada Senin (19/6/2023) malam WIB.

Menjelang pertandingan, pasukan Shin Tae-yong menggelar sejumlah sesi latihan sebagai persiapan untuk melawan sang juara dunia, Argentina.

Namun, sesi latihan skuad Garuda tidak digelar di SUGBK. Timnas Indonesia selaku tuan rumah justru berlatih di Lapangan A yang letaknya masih berada di dalam Komplek Gelora Bung Karno (GBK).

Baca juga: Indonesia Vs Argentina: STY Pasang Kain Hitam, Tango Latihan Tertutup

Hal ini menghadirkan pertanyaan di tengah persiapan timnas Indonesia.

Pasalnya beberapa hari setelah timnas Indonesia menggelar latihan perdana di Lapangan A, SUGBK dipakai untuk tempat latihan skuad Argentina.

Rombongan timnas Indonesia tiba di Jakarta pada Jumat (16/6/2023) malam WIB. Lalu, mereka langsung berlatih di SUGBK pada keesokan harinya.  

Pelatih timnas Argentina Lionel Scaloni bersama sejumlah pemain kenamaan seperti Julian Alvarez, Emiliano Martinez, Rodrigo De Paul, Leandro Paredes, Enzo Fernandez, dan Alejandro Garnacho, tampak hadir dalam sesi latihan di SUGBK tersebut.

Baca juga: Argentina Jajal Rumput GBK: “Golazo” Paredes, Tak Ada Santai buat Dibu Martinez

Terkait hal ini, Shin Tae-yong selaku pelatih timnas Indonesia menjelaskan bahwa PSSI memang sengaja menjadikan SUGBK sebagai tempat latihan Argentina.

Oleh karena itu, timnas Indonesia dialihkan ke Lapangan A agar anak-anak asuh Lionel Scaloni bisa fokus berlatih di SUGBK.

Menurut Shin Tae-yong, langkah tersebut diambil untuk menghargai timnas Argentina yang berstatus juara dunia.

Shin Tae-yong pun tampak tak mempermasalahkan lokasi latihan yang dipakai Indonesia menjelang laga melawan Argentina.

Baca juga: Indonesia Vs Argentina, Lionel Scaloni: Rotasi Bukan karena Remehkan Garuda

"Masalah Argentina di SUGBK dan kami di Lapangan A, menurut saya, mungkin karena PSSI menghargai Argentina selaku ranking 1 FIFA," kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers, Minggu (18/6/2023) malam WIB.

"Apalagi juara dunia yang kita bawa (ke Indonesia), harus seperti itu pelayanan PSSI, dan saya tak terlalu peduli latihan di mana," ujar Shin Tae-yong.

Setelah menjalani beberapa sesi latihan di Lapangan A, timnas Indonesia tetap mendapat kesempatan untuk berlatih di SUGBK pada Minggu (18/6/2023) malam WIB.

Timnas Indonesia dilaporkan memulai official training di SUGBK setelah Tim Tango merampungkan latihan pada sore harinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com