Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Neymar: Messi Akan Mengubah MLS bersama Inter Miami

Kompas.com - 13/06/2023, 11:00 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

Sumber AS

KOMPAS.com - Bintang Paris Saint-Germain, Neymar Jr, memberikan komentar soal keputusan Lionel Messi bergabung dengan klub MLS, Inter Miami.

Dia yakin, sosok berjulukan La Pulga itu akan memberikan dampak sangat besar dalam sejarah sepak bola Amerika Serikat.

Lionel Messi sudah membuat keputusan angkat kaki dari Parc des Princes. Superstar asal Argentina ini tak mampu memperbarui kontrak bersama Paris Saint-Germain yang habis pada 30 Juni 2023.

Neymar, yang sudah musim bermain bersama Messi, melihat sisi positif dari keputusan La Pulga.

Baca juga: Messi ke Inter Miami Hadirkan Kekecewaan di Barcelona

Striker 31 tahun yang juga pernah menjadi tandem Messi di Barcelona ini menilai MLS akan banyak mendapatkan manfaat.

"Saya yakin Leo akan mengubah liga di Amerika Serikat," ujar Neymar dalam sebuah wawancara dengan ESPN Brazil pada Minggu (11/6/2023), dikutip dari AS.

"Saya pikir liga itu akan menjadi lebih populer sehingga semua orang harus mengambil keuntungan dan menikmati menonton dia bermain karena tidak ada yang abadi."

Inter Miami tergabung di Eastern Conference Wilaya alias Wilaya Timur kompetisi MLS. Saat ini, klub milik David Beckham tersebut dalama performa sangat buruk yang membuat mereka berada di dasar klasemen.

Cukup mengejutkan jika Messi, yang berhasil membawa Argentina juara Piala Dunia 2022 pada Desember tahun lalu, memilih memperkuat klub tersebut.

Baca juga: Messi dkk Tanding di China, Modus Penipuan Mulai Bermunculan

Namun kehadiran Messi ditengarai memberikan dampak signifikan. La Pulga bakal menaikkan level permainan klub sekaligus membuat MLS kian tersohor.

Memang, MLS tak hentinya menghadirkan para mantan pemain top Eropa. Pada 2009, mereka mendatangkan David Beckham yang kala itu membela LA Galaxy, kemudian ada Zlatan Ibrahimovic.

Kini, Messi pun tertarik ke MLS meskipun dia mendapat tawaran fantastis nan menggiurkan dari Arab Saudi.

Menurut laporan, Messi bakal menerima bayaran 500 juta dollar (sekitar Rp 7,420 triliun) per tahun jika bermain di Timur Tengah.

Namun penyerang 35 tahun ini bergeming karena tetap memilih MLS. Sejumlah laporan menyebutkan, Messi tak cuma mendapat gaji tetapi juga menerima proporsi komersial liga dengan Adidas dan Apple.

The Athletic melaporkan, Messi akan melakukan debut bersama Inter Miami pada 21 Juli saat menghadapi klub Liga MX, Cruz Azul, dalam Piala Liga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com