Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Messi dkk Tanding di China, Modus Penipuan Mulai Bermunculan

Kompas.com - 13/06/2023, 06:20 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kedatangan timnas Argentina bersama sang megabintang, Lionel Messi, menarik antusiasme para penggemar sepak bola di Negeri Tirai Bambu.

Namun, di balik itu, terdapat sejumlah pihak yang memanfaatkan antusiasme para penggemar untuk melakukan tindak kejahatan demi keuntungan pribadi.

Berdasarkan laporan South China Morning Post (SCMP), modus penipuan mulai bermunculan menyusul kedatangan Lionel Messi dkk di Beijing, pada Sabtu (10/6/2023).

Salah satu modus penipuan yang sudah beredar adalah munculnya tawaran membeli paket VIP untuk bertemu Lionel Messi secara eksklusif.

Baca juga: Lautan Manusia Sambut Messi dkk di Beijing Jelang Argentina Vs Australia

Dalam modus penipuan tersebut, pelaku mengiming-imingi kesempatan untuk medapatkan jersey bertanda tangan, kursi baris depan, dan foto bersama Messi seharga 8.000 Yuan atau Rp 16.6 juta.

Selain itu, ada juga pelaku yang menjanjikan kesempatan makan malam dan minum bersama Messi dengan harga mencapai 300.000 Yuan atau sekitar Rp 624 juta.

Biro keamanan publik Beijing telah memberikan peringatan kepada publik agar tidak terhasut dengan beragam modus penipuan tersebut.

"Jika Anda bisa ditipu sebesar 300.000 Yuan, kami akan mengangkat gelas untuk Anda," kata biro keamanan publik Beijing yang memberikan peringatan berupa candaan di aplikasi Weibo.

Baca juga: Timnas Indonesia Vs Argentina, Shin Tae-yong Lihat Peluang

Gelombang antusiasme para penggemar sepak bola di China sudah terlihat sejak rombongan timnas Argentina menginjakkan kaki di Beijing.

Bahkan, ratusan orang dikabarkan sudah menunggu di luar hotel tim Argentina sebelum Messi dkk tiba.

Suasana pun pecah ketika Messi dkk tiba di hotel.

Para penggemar dilaporkan kerap meneriakkan nama Messi sambil memegang gadget masing-masing untuk mengabadikan momen.

AFP juga menemukan salah satu penggemar yang rela memasan kamar dengan harapan bisa melihat Messi secara sekilas setelah gagal mendapatkan tiket pertandingan.

Baca juga: Tiket Indonesia Vs Argentina: Komoditas Panas Setelah Perang Berlalu

Rombongan timnas Argentina datang ke Beijing, China, untuk melakoni laga internasional melawan Australia.

Laga Argentina vs Australia dijadwalkan berlangsung di Workers Stadium, Beijing, pada Kamis (15/6/2023).

Setelah melawan Australia, timnas Argentina akan bertolak ke Indonesia untuk bertanding melawan skuad Garuda besutan Shin Tae-yong.

Adapun pertandingan antara timnas Indonesia dan Argentina akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com