Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persebaya Vs Persis: Menanti Khasiat Libur 1 Hari

Kompas.com - 20/12/2022, 23:00 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, akan mengesampingkan catatan statistik dan tren buruk jelang laga melawan Persis Solo.

Aji Santoso ingin timnya tampil lepas tanpa beban dalam laga pekan ke-16 Liga 1 2022-2023 antara Persebaya vs Persis di Stadion Maguwoharjo Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (21/12/2022) sore WIB.

Mentalitas itu dirasa perlu untuk memperbesar kans Alta Ballah dkk meraih kemenangan.

“Yang jelas saya meyakinkan untuk semua pemain bermain lepas tampil enjoy supaya bisa memenangkan pertandingan,” kata Aji Santoso menjelaskan.

Seperti diketahui, Persebaya sedang dalam tren buruk dengan tak sekali pun mencicipi kemenangan dalam tiga laga terakhir.

Baca juga: Final Piala Dunia di Mata Pelatih Persebaya Aji Santoso

Terakhir kali pasukan Bajul Ijo menang adalah saat menekuk Barito Putera 3-2 pada pekan ke-12.

Setelah itu, Persebaya kalah 1-2 dari Persib Bandung pada pekan ke-13, lalu ditahan imbang 1-1 oleh tim papan bawah, Persik Kediri.

Terakhir, pada pekan ke-15, Persebaya nyaris kalah dari Persija Jakarta. Beruntung bagi Bajul Ijo, Silvio Junior berhasil mencetak gol penyama kedudukan pada detik-detik akhir laga.

Tak heran, performa Bajul Ijo mendapatkan sorotan suporter. Permainan anak asuh Aji Santoso terkesan angin-anginan, ditambah dengan catatan tidak pernah clean sheet sejak pekan ke-12 Liga 1.

Aji Santoso pun merasakan betul tekanan berat yang sedang dihadapi tim. Karena itu, ia ingin pemainnya benar-benar mengerahkan seluruh kemampuan untuk memenangkan pertandingan, apa pun metodenya.

“Pada tiga pertandingan terakhir kami belum menang, seri dua kali, kalah sekali. Untuk itu, saya sudah sampaikan kepada seluruh pemain untuk benar-benar fokus pertandingan besok sore,” ujar pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

Baca juga: Hasil Persija Vs Persebaya 1-1: Gol Menit Akhir Buyarkan Kemenangan Macan Kemayoran

Untuk membantu pemain lebih rileks, Aji Santoso, mengambil kebijakan untuk memberikan satu hari libur saat masa persiapan.

Pemain dibebaskan berkegiatan, namun diminta tetap bertanggung jawab.

Pemain Persebaya Surabaya Silvio Junior dan Alta Ballah selebrasi seusai menjebol gawang Persija Jakarta di menit akhir pertandingan pekan ke-15 Liga 1 2022-2023 yang berakhir dengan skor 1-1 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Jumat (16/12/2022) sore.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pemain Persebaya Surabaya Silvio Junior dan Alta Ballah selebrasi seusai menjebol gawang Persija Jakarta di menit akhir pertandingan pekan ke-15 Liga 1 2022-2023 yang berakhir dengan skor 1-1 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Jumat (16/12/2022) sore.

Alta Ballah selaku perwakilan pemain menegaskan ia dan rekan-rekannya dalam kondisi siap.

Libur satu hari yang diberikan sebelumnya juga memberikan dampak positif pada aspek individu pemain.

“Kemarin sempat diliburkan satu hari sama coach. Sekarang lumayan dalam kondisi fit semua jadi siap untuk pertandingan besok,” ucapnya mengakhiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com