Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Berburu Gelar Juara 2022, tetapi Dominasi 2019 Sulit Terulang

Kompas.com - 10/02/2022, 17:20 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

Sumber Crash

KOMPAS.com - Menjelang tes pramusim MotoGP Mandalika,bintang Repsol Honda Marc Marquez siap bersaing demi gelar juara MotoGP 2022. Namun, ia mengaku sulit mengulang dominasinya pada musim 2019. 

Marc Marquez pernah sangat digdaya di lintasan balap pada MotoGP 2019 dengan memenangi 12 dari 19 balapan yang ia ikuti. 

Pencapaian impresif tersebut mengantarkan Marquez menjadi juara dunia 2019 dengan raihan 420 poin.

Pebalap asal Spanyol tersebut memiliki keunggulan 151 poin atas Andrea Dovizioso yang finis di posisi runner-up

Baca juga: Satu Dekade di MotoGP, Marquez Bicara soal Mimpi, Ambisi, dan Mandalika

Namun, dominasi itu gagal diulangi Marquez pada musim 2020 menyusul kecelakaan di MotoGP Spanyol yang membuatnya absen sepanjang tahun. 

Marc Marquez kemudian kembali ke sirkuit pada MotoGP Portugal 2021. Meski kondisi fisiknya belum pulih 100 persen, Marquez sukses meraih tiga kemenangan musim lalu. 

Rider yang memiliki julukan The Baby Alien itu pun kini sudah siap mengarungi musim 2022. 

Ia percaya diri bisa bersaing dengan pebalap lainnya. Namun, ia tak bisa memastikan bakal melanjutkan dominasi seperti 2019.

Apalagi, ia menilai rivalnya saat ini mengendarai kuda besi masing-masing dengan sangat cepat, khususnya Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia. 

"Tentu saya merasa bisa berjuang untuk gelar juara dunia (2022), tetapi memenanginya dengan keunggulan lebih dari 100 poin seperti yang saya lakukan sebelumnya? Kami sangat jauh dari itu," ucap Marc Marquez, dilansir dari Crash

"Persaingan di antara semua pebalap sangat ketat. Kami tidak bisa mengatakan bahwa satu pebalap membuat banyak perbedaan seperti empat tahun lalu misalnya. Namun, itu akan menarik," kata dia. 

Baca juga: Jadwal Tes Pramusim MotoGP Mandalika, Menanti Aksi Marc Marquez

"Dua pebalap yang sangat cepat adalah Quartararo dan Bagnaia. Keduanya melaju dengan sangan cepat tahun lalu, terutama Bagnaia yang mengakhiri musim dengan bagus. Kami perlu memahami level motor Ducati," ujar Marquez. 

Marc Marquez dan para pebalap MotoGP lainnya akan menjalani satu tes pramusim lagi sebelum mengawali Kejuaraan Dunia 2022 di Qatar pada Maret mendatang. 

Tes pramusim tersebut akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, mulai Jumat (11/2/2022) hingga Minggu (13/2/2022). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com