Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juventus Vs AS Roma, Si Nyonya Besar Masih Tak Terbendung

Kompas.com - 23/12/2018, 04:43 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Jalu Wisnu Wirajati

Tim Redaksi

TURIN, KOMPAS.com - Juventus kian kokoh di puncak klasemen Serie A - kasta teratas Liga Italia. Tim berjulukan Si Nyonya Besar itu meraih hasil positif pada laga Juventus vs AS Roma

Juventus mengalahkan AS Roma 1-0 pada pekan ke-17 Liga Italia, di Stadion Allianz, Sabtu (22/12/2018) atau Minggu dini hari WIB. Gol kemenangan Juventus dicetak oleh Mario Mandzukic pada menit ke-35.

Hasil ini membuat Juventus tetap kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 49 poin. Mereka unggul 8 angka atas Napoli di peringkat dua dan 16 poin dari Inter Milan di urutan ketiga.

Sementara itu, AS Roma tidak beranjak dari peringkat ke-10 dengen koleksi 24 poin.

Baca juga: Kado Terindah Cristiano Ronaldo untuk Juventus: Uang, Uang, dan Uang

Laga ini berjalan cukup berimbang dari segi penguasaan bola. Namun, soal peluang, Juventus unggul jauh atas AS Roma.

Juventus dengan 55 persen penguasaan bola sukses menciptakan 16 peluang,  tujuh di antaranya tepat sasaran. AS Roma yang mengandalkan serangan balik hanya bisa menciptakan empat tembakan tepat sasaran.

Kegagalan AS Roma menciptakan banyak peluang kemungkinan disebabkan oleh terlambatnya Edin Dzeko dan Justin Kulivert turun ke lapangan. Mereka baru tampil pada babak kedua. 

Patrik Schick yang didapuk menjadi penyerang tengah selalu kalah duel dengan dua bek senior Juventus, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini.

Baca juga: Paulo Dybala Tidak Cemburu dengan Perlakuan Juventus kepada Cristiano Ronaldo

Sementara itu, pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, melakukan pergantian brilian saat memasukkan Douglas Costa pada menit ke-80. Douglas Costa masuk menggantikan Paulo Dybala yang seperti terkunci sepanjang laga.

Pergantian itu terbukti mujur karena Costa menambah kecepatan lini depan Juventus dan menghasilkan gol kedua lewat skema serangan balik. Namun, gol tersebut dianulir. 

Juventus 1-0 AS Roma (Mario Mandzukic 35')

Susunan pemain Juventus vs AS Roma:

Juventus (4-3-3): 1-Wojciech Szczesny; 19-Leonardo Bonucci, 3-Giorgio Chiellini, 12-Alex Sandro, 2-Mattia De Sciglio; 14-Blaise Matuidi, 5-Miralem Pjanic (Emre Can 71'), 30-Rodrigo Bentancur; 7-Cristiano Ronaldo, 17-Mario Mandzukic, 10-Paulo Dybala (Douglas Costa 80')

Pelatih: Massimiliano Allegri

AS Roma (5-3-2): 1-Robin Olsen; 11-Aleksandar Kolarov, 20-Federico Fazio, 18-Davide Santon, 44-Kostas Manolas, 24-Alessandro Florenzi (Justin Kluivert 46'); 42-Steven Nzonzi (Edin Dzeko 80'), 4-Bryan Cristante, 22-Nicolo Zaniolo; 17-Cengiz Under (Diego Perotti 71'), 14-Patrik Schick

Pelatih: Eusebio Di Francesco

Wasit: Davide Massa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com