Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Man City Masih Bisa Pecahkan 5 Rekor Lagi pada Akhir Musim

Kompas.com - 06/03/2018, 16:13 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Kecemerlangan Manchester City pada musim ini membuat tim beralias The Citizens ini kebanjiran rekor. Setelah mencatatkan rekor kemenangan dan rekor tak terkalahkan di Liga Inggris, Man City masih bisa memenangkan 5 rekor lagi.

Rekor yang bisa dipecahkan oleh Man City adalah jumlah poin terbanyak pada akhir musim. Rekor tersebut masih dipegang oleh Chelsea kala menjadi juara Liga Inggris musim 2004-2005. Waktu itu, John Terry dkk mengumpulkan angka 95 dari 38 pertandingan.

Man City saat ini telah mengoleksi 78 poin. Lantaran musim ini masih menyisakan 8 pertandingan, peluang anak asuh Pep Guardiola untuk memecahkan rekor tersebut sangat besar. Jika berhasil menyapu bersih semua laga sisa ini, Man City akan mendapat poin 105 pada akhir musim.

(Baca Juga: Manchester United Hamburkan Rp 15,7 Miliar untuk Setiap Kontribusi Gol Paul Pogba)

Rekor berikutnya yang mungkin dipecahkan oleh Man City adalah jumlah kemenangan terbanyak dalam satu musim.

Chelsea pada musim 2016-2017 masih menjadi pemegang rekor dengan 30 kemenangan, 3 imbang dan 5 kali kalah. Sementara itu The Citizens saat ini sudah mendapatkan 25 kemenangan, artinya butuh 6 kemenangan lagi untuk mengangkangi rekor tersebut.

Chelsea juga menjadi pemegang rekor dalam urusan total gol dalam semusim. Pada musim 2009-2010 kala The Blues diarsiteki Carlo Ancelotti, mereka mencetak 103 gol di Liga Inggris.

Sementara itu The Sky Blues saat ini sudah menjebol gawang lawan sebanyak 83 kali di Liga Inggris. Dengan 8 laga tersisa, Man City punya peluang untuk setidaknya menyamai jumlah gol yang dibukukan oleh Chelsea kala itu.

Man City juga bisa memecahkan dua rekor yang dipegang oleh manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson.

Manajer beralias Fergie itu mencatatkan rekor jarak poin terbesar sebagai juara Liga Inggris musim 1999-2000. The Red Devils (91 poin) berjarak 18 poin dari tim peringkat kedua Arsenal (73) pada akhir musim tersebut.

(Baca Juga: AFF CUP 2018 - Dramatis, Timnas Indonesia Lolos ke Final Usai Tumbangkan Malaysia)

Saat ini Man City (78 poin) pun berjarak 16 poin dengan tim peringkat kedua, Man United (62). Poin itu bisa bertambah atau pun berkurang hingga garis finis kompetisi dipijak.

Satu musim setelah membuat rekor tersebut, Fergie mengukir prestasi impresif lagi pada Liga Inggris musim 2000-2001. Setan Merah dinyatakan sebagai juara pada 14 April 2001 setelah poin mereka tak terkejar oleh Arsenal yang berada di posisi kedua.

Uniknya, Man City berpeluang menyamai tanggal juara yang dicatatkan oleh rival sekotanya itu. Vincent Kompany dkk bisa menjadi juara pada lima pekan mendatang atau 14 April 2017 kala bertandang ke markas Tottenham Hotspur, Stadion Wembley.

Bahkan, Man City sudah bisa menjadi juara satu pekan sebelumnya, atau kala melakoni derbi Manchester, jika Man United dan Liverpool tergelincir. (Taufan Bara Mukti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com