Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curhat Mario Gomez soal Agenda Uji Coba Persib

Kompas.com - 27/02/2018, 08:37 WIB
Dendi Ramdhani,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pelatih Persib Bandung, Mario Gomez, berkeluh kesah soal serangkaian laga uji coba yang dilakoni timnya beberapa waktu lalu.

Selama persiapan pramusim, Persib tercatat pernah melakukan serangkaian laga uji coba di luar Bandung. Selain melakukan pemusatan latihan di Yogyakarta dan Cilacap, Persib sempat beruji coba di Batam dan Tasikmalaya.

Namun, Gomez menilai, beberapa laga uji coba itu bukan untuk kepentingan pemain, melainkan untuk manajemen.

Hal itu kian menyiratkan bahwa beberapa uji coba yang digelar tak lebih dari sebatas pertandingan hiburan yang tak masuk dalam program kerjanya.

Baca juga : Mario Gomez Genjot Fisik Pemain Persib

Salah satu yang dipersoalkan Gomez adalah urusan transparansi uang hasil pertandingan. Menurut dia, para pemain Persib layak mendapat bayaran saat tim mendapat undangan bertanding, sama halnya seperti klub profesional lainnya.

Namun, hal itu tak dirasakan para pemainnya.

"Anda tahu kenapa, hari ini saya bicara kepada pemain, Persib Bandung adalah tim besar, bukan cuma tim besar tentang pemain atau kami harus menang, tetapi ketika Anda ingin bermain di suatu tempat, Anda harus dibayar," tutur Gomez seusai memimpin latihan sore di GOR Padjadjaran, Senin (26/2/2018).

"Ini soal uang. Kami tim besar, sebagai contoh, kalau Inter Milan datang kemari, Anda harus bayar. Begitu pula kalau mengundang Persib, harus mengeluarkan uang," ujarnya.

Gomez menegaskan enggan menjalani laga hiburan jika para pemainnya tak mendapat keuntungan apa pun dari laga itu. Terlebih lagi, laga itu tak masuk dalam programnya.

Baca juga : Jadwal Liga 1 Terancam Mundur Lagi, Persib Tetap Fokus Siapkan Tim

"Kalau pemain kami tidak mendapat bayaran setimpal ketika diundang ke suatu tempat, cukup, tidak akan ada lagi," ucapnya.

"Kalau ingin Persib Bandung, mereka harus bayar, penting uang bagi pemain karena stadion penuh oleh fans dan bobotoh, tetapi uang itu bukan untuk pemain atau bukan untuk klub. Saya bicara kepada pemain, jika mereka tidak mau bayar, kami tidak akan pergi. Kalau mereka bayar, kami pergi," ucap Gomez.

Akhir pekan lalu, Persib sempat bertanding di Tasikmalaya melawan tim lokal. Di sana, Gomez menilai kualitas rumput yang buruk sangat membahayakan para pemainnya. Dia mengaku tak mendapat informasi lengkap sebelumnya soal kondisi lapangan di sana.

Baca juga : Patah Tulang Fibula, Kim Akui Bukan yang Terparah dalam Kariernya

"Saya tidak tahu (kualitas rumput buruk), tetapi asisten tahu. Di pertandingan terakhir kami di Tasik, (lapangan) sangat buruk. Saya tidak mau lagi bertanding di lapangan yang sama," keluh Gomez.

Persib dijadwalkan akan kembali melakoni laga uji coba di Serang, Banten. Gomez mengaku tak akan memberangkatkan para pemainnya jika tak ada transparansi soal pendapatan pertandingan.

"Ini pertandingan penting, tetapi saya ulangi jika bayarannya bagus, kami pergi dengan tim utama. Jika mereka tidak mau bayar, kami pergi dengan tim kedua. Kami akan tetap berlatih di sini. Kami harus meningkatkan tentang klub karena Persib Bandung adalah tim besar," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com