Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klopp Bela Pemecahan Rekor Pembelian Bek Termahal

Kompas.com - 30/12/2017, 07:07 WIB

LIVERPOOL, KOMPAS.com - Manajer Liverpool, Juergen Klopp, mengakui bahwa nilai transfer Virgil van Dijk begitu fantastis. Namun, dia menilai memang begitulah kondisi pasar pemain saat ini. 

Pada Rabu (27/12/2017), Liverpool secara resmi mengabarkan bahwa mereka telah berhasil mendapat persetujuan dari Southampton untuk memboyong Virgil van Dijk dengan harga 75 juta pounds (sekitar Rp 1,3 triliun).

Bek Belanda berusia 26 tahun itu baru akan bergabung dengan Liverpool saat jendela transfer musim dingin dibuka pada 1 Januari 2018. Nilai transfer tersebut sekaligus memecahkan rekor pembelian bek termahal dunia.

Sebelumnya label pemain termahal dunia disandang bek sayap Manchester City, Benjamin Mendy, yang didatangkan dari AS Monaco pada awal 2017-2018 dengan harga 51 juta pounds (sekitar Rp 930 miliar).

Baca Juga: Ditikung Liverpool, Manchester City Incar 2 Pengganti Virgil van Dijk

Berbagai kritik dan kecaman datang dari berbagai pihak, termasuk Jose Mourinho. Manajer Manchester United itu mengatakan bahwa harga seorang pemain tidak selalu menentukan kualitas pemain tersebut.

"Van Dijk menjadi pemain bertahan paling mahal di sejarah sepak bola. Apakah ia lebih baik daripada Paolo Maldini atau Rio Ferdinand?" ujar Mourinho retoris.

Meski demikian, Juergen Klopp mengatakan bahwa harga adalah faktor terakhir yang menjadi pertimbangan bagi dirinya dan klub untuk mendatangkan pemain incaran.

"Saya terkejut dengan perkembangan di pasar transfer dalam dua tahun terakhir. Bahkan dalam setengah tahun terakhir telah mengubah segalanya. Sebagai klub, kami tidak bisa mengubahnya," ucap Klopp seperti dikutip BolaSport.com dari Sky Sports.

"Persoalan harga adalah hal terakhir yang saya. Bukan karena saya suka membuang-buang uang, tetapi kami hanya memikirkan kualitas sang pemain. Kondisi ini memang tidak baik bagi pasar transfer, tetapi kami harus bisa beradaptasi," tuturnya. 

Pasar transfer dalam satu tahun terakhir memang begitu "aneh". Pembelian Neymar senilai 222 juta euro oleh Paris Saint-Germain salah satunya. 

Jumlah itu meningkat dua kali lipat dari rekor Paul Pogba setahun sebelumnya. Bahkan, Kylian Mbappe juga akan menjadi remaja termahal pada musim panas 2018. (Verdi Hendrawan) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com