Xavi Hernandez Ingin Menjadi Pelatih Qatar pada Piala Dunia 2022 - Kompas.com

Xavi Hernandez Ingin Menjadi Pelatih Qatar pada Piala Dunia 2022

Kompas.com - 10/10/2017, 18:15 WIB
Xavi Hernandez kala merayakan keberhasilan Barcelona meraih gelar Liga Champions di Stadion Camp Nou, pada 7 Juni 2015.JOSEP LAGO/AFP Xavi Hernandez kala merayakan keberhasilan Barcelona meraih gelar Liga Champions di Stadion Camp Nou, pada 7 Juni 2015.

KOMPAS.com - Gelandang elegan Xavi Hernandez mengatakan ingin menjadi pelatih timnas Qatar saat negara tersebut tuan rumah Piala Dunia 2022. Pesepak bola asal Spanyol ini juga menolak kritik yang mengatakan dia sangat bangga berada di Doha, ibu kota Qatar.

Saat ini pemain 37 tahun tersebut bermain di Liga Qatar untuk klub Al Sadd. Dia pindah ke negara teluk tersebut dua musim lalu setelah 17 tahun bersama Barcelona dan menjadi kapten klub raksasa Liga Spanyol tersebut.

Baca Juga: Xavi Hernandez Menang Undian Rp 3,6 Miliar dari Bank Doha

Dalam wawancara dengan AFP, Xavi mengatakan bahwa dia yakini 90 persen akan pensiun pada akhir musim ini. Setelah itu, mantan playmaker timnas Spanyol tersebut berencana meniti karier sebagai pelatih.

"Mengapa tidak?" ungkap Xavi ketika ditanya keinginan menangani timnas Qatar padaa Piala Dunia 2022.

"Saya pikir akan lebih baik menjadi pelatih di sini untuk tim nasional," tambah pemain yang ikut membawa Spanyol memenangi Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2008 serta 2012 ini.

Baca Juga: Rekor Baru Xavi Hernandez

"Kami akan melihat, saya butuh pengalaman, butuh staf, juga butuh segalanya. Tetapi setidaknya, saya mengenal pemain Qatar, saya tahu lingkungannya di sini."

Xavi juga mengatakan bahwa dia memiliki tujuan mulia untuk sepak bola negeri tersebut.

"Saya di sini untuk membantu mereka menjadi lebih baik, untuk bersaing dengan baik pada Piala Dunia 2022," ungkapnya.

"Saya pikir tujuan saya adalah menjadi pelatih kepala."

Qatar gagal lolos ke Piala Dunia 2018, tetapi sampai kini masih tercatat sebagai host turnamen serupa edisi 2022. Mereka memiliki tiga pelatih selama periode Kualifikasi Piala Dunia 2018 dan saat ini ditangani rekan Xavi yang juga dari Spanyol, Felix Sanchez. Felix adalah pelatih caretaker skuad Al-Annabi, julukan timnas Qatar.

EditorAloysius Gonsaga AE
SumberBolaSport
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM