Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/03/2016, 11:23 WIB

KOMPAS.com - Brasil nyaris kalah dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Conmebol. Sementara itu, Uruguay memimpin klasemen sementara untuk kualifikasi di wilayah Amerika Selatan itu.

Brasil bermain imbang 2-2 saat menghadapi Paraguay di Stadion Defensores del Chaco, Selasa (29/3/2016) atau Rabu pagi WIB. Pada laga ini, Brasil sempat tertinggal 0-2 lebih dulu.

Bermain di markas Paraguay, Brasil kesulitan untuk bisa mendominasi jalannya pertandingan sejak menit pertama.

Pada menit ke-40, Paraguay berhasil membuka keunggulan 1-0. Memanfaatkan umpan silang Edgar Benitez, Dario Lezcano mendapatkan peluang melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti tanpa bisa diantisipasi kiper Alisson Becker.

Pada awal babak kedua, Paraguay berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-49. Kali ini Benitez yang sukses mencatatkan namanya di papan skor. Ia membobol gawang Brasil dengan melepaskan tendangan dari tengah kotak penalti memanfaatkan umpan dari Richard Ortiz.

Setelah gol tersebut, Brasil baru bisa mulai merespons dengan lebih dominan dalam memberikan tekanan. Usai berkali-kali melakukan upaya mencetak gol balasan, tim berjulukan Seleccao itu akhirnya bisa memecahkan kebuntuan serangan pada menit ke-79.

Ricardo Oliveira mendapatkan ruang melepaskan tembakan langsung dari dalam kotak penalti yang tak sanggup dibendung kiper Paraguay.

Gol itu membuat tim yang tak bisa diperkuat Neymar lebih sering memberikan tekanan. Mereka tak kenal putus asa dan terus berusaha meski laga telah mencapai 90 menit waktu normal.

Pada masa tambahan waktu, Brasil akhirnya berhasil terhindar dari kekalahan lewat akhir penyelamatan Dani Alves. Memasuki menit kedua masa tambahan, Alves sukses mencetak gol penyeimbang kedudukan 2-2 dengan melepaskan tendangan kaki kiri memanfaatka umpan dari Willian.

Imbang ini mengulang hasil Brasil saat menjamu Paraguay, Sabtu (26/3/2016). Bedanya, ketika itu Brasil unggul lebih dulu 2-0, lalu disamakan oleh Uruguay.

Uruguay saat ini memimpin klasemen Zona Conmebol dengan catatan 13 poin, unggul selisih gol atas Ekuador. Brasil tertahan di peringkat ke-6 dengan 9 poin dari 6 pertandingan.

Empat tim teratas dari Amerika Selatan akan langsung otomatis lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Tim peringkat kelima harus lebih dulu menjalani play-off melawan tim dari benua lain. (Wisnu Nova)

Hasil lengkap Kualifikasi Zona Amerika Selatan, Selasa (29/3/2016) WIB.

Kolombia 3-1 Ekuador (Carlos Bacca 15', 67', Sebastian Perez 48' ; Michael Arroyo 90')

Uruguay 1-0 Peru (Edinson Cavani 53').

Argentina 2-0 Bolivia (Gabriel Mercado 20', Lionel Messi 30' pen).

Venezuela 1-4 Cile (Romulo Otero 9' ; Mauricio Pinilla 33', 52', Arturo Vidal 72', 90'+2).

Paraguay 2-2 Brasil (Dario Lezcano 40', Edgar Benitez 49' ; Ricardo Oliveira 79', Dani Alves 90'+2).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber JUARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com