KOMPAS.com - Kemenangan Arsenal atas Manchester City 3-0 di ajang Community Shield menandai penampilan baru Arsenal pada musim 2014-2015.

Kedatangan beberapa pemain baru, khususnya Alexis Sanchez dari Barcelona, membuat Arsene Wenger tidak lagi mempertahankan formasi 4-2-3-1 atau 4-3-3 yang selama satu dekade terakhir menjadi formasi ”baku”.

Melawan City, Wenger menerapkan pola 4-4-2 atau 4-4-1-1 dengan menempatkan Yaya Sanogo (yang kemudian diganti Olivier Giroud) sebagai penyerang utama, didukung Santi Cazorla (kemudian diganti Tomas Rosicky), sementara Alexis Sanchez menusuk dari sayap kanan.

Formasi ini terbukti efektif melumpuhkan barisan belakang City yang pincang karena tidak diperkuat tujuh pemain utamanya. Wenger memang sudah mengindikasikan kemungkinan besar ”The Gunners” kembali ke formasi 4-4-2 dan fleksibel dengan formasi-formasi lain sehingga bisa memanfaatkan secara maksimal keberadaan semua pemainnya, termasuk Sanchez.

Dengan pendekatan baru inilah Wenger lebih optimistis menyambut musim kompetisi 2014-2015. Akan tetapi, dia menekankan, formasi apa pun yang akan digunakan sangat bergantung pada kebugaran fisik para pemain. Tanpa pemain-pemain yang bugar dan bebas dari cedera, Arsenal bisa kehilangan daya saing. (OKI)