Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Piala Dunia, Inggris Tak Pernah Menang atas Uruguay

Kompas.com - 19/06/2014, 18:15 WIB
Ferril Dennys

Penulis

SAO PAULO, KOMPAS.com - Duel sengit akan tersaji di Arena Corinthians, Sao Paulo, Kamis  atau Jumat (20/6/2014) dini hari WIB. Uruguay dan Inggris akan saling bunuh demi menjaga asa lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2014.

Kedua tim tersebut harus melakoni hidup dan mati setelah mereka sama-sama kalah pada laga perdana penyisihan Grup D. Minus bomber andalannya, Luis Suarez, Uruguay takluk 1-3 dari Kosta Rika. Sementara di Arena Amazonia, Manaus, Inggris dibungkam 1-2 oleh Italia.

Uruguay kemungkinan besar akan menurunkan Suarez demi memenuhi ambisi meraih kemenangan. Top scorrer Premier League tersebut akan berduet dengan Edinson Cavani yang berpotensi menjadi petaka lini belakang Three Lions. Di kubu Inggris, pelatih Roy Hodgson akan tetap mengandalkan trio Wayne Rooney, Daniel Strurridge, dan Danny Welbeck.

Sayangnya, Inggris memiliki catatan kurang bagus jika bertemu Uruguay di Piala Dunia. Tiga Singa tak pernah menang saat bertemu Uruguay. Pada babak perempat final Piala Dunia 1954, Uruguay menang 4-2 atas Inggris. Saat itu, Carlos Borges, Obdulio Varela, Juan Schiaffino, dan Javier Ambrois jadi pahlawan La Celeste.

Kedua tim kembali bertemu pada babak penyisihan grup Piala Dunia 1966. Akan tetapi, Inggris sebagai tuan rumah hanya bermain imbang 0-0 dengan Uruguay.

Meski begitu, Inggris untuk pertama kalinya menjuarai Piala Dunia setelah mengalahkan Jerman Barat dengan skor 4-2 melalui babak tambahan.

Total, kedua tim telah bertemu lima kali. Uruguay tercatat menang dua kali. Sementara Inggris hanya sekali. Hal itu terjadi pada laga persahabatan yang digelar di Anfield pada 1 Maret 2006. Saat itu, Peter Crouch dan Joe Cole menjadi pahlawan Inggris.

Berikut rekor pertemuan kedua tim:
26/6/1954 - Uruguay 4-2 Inggris (Piala Dunia)
11/7/1966 - Inggris 0-0 Uruguay (Piala Dunia)
22/5/1990 - Inggris 1-2 Uruguay (Persahabatan)
29/3/1995 - Inggris 0-0 Uruguay (Persahabatan)
1/3/2006 - Inggris 2-1 Uruguay (Persahabatan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com