Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Messi 2 Gol, Barcelona Ungguli Plzen

Kompas.com - 02/11/2011, 03:40 WIB

PLZEN, KOMPAS.com — Lionel Messi mencetak dua gol yang membuat Barcelona unggul 2-0 atas Viktoria Plzen, sampai akhir babak pertama laga fase Grup H, di Synot Tip Arena, Selasa (1/11/2011). Itu adalah gol ke-200 dan ke-201 Messi untuk Barcelona.

Meski berstatus tim tamu, Barcelona tak tampak mengalami kesulitan mengontrol permainan sejak awal, tetapi kesulitan menembus jantung pertahanan Plzen.

Lionel Messi dan Thiago berusaha memecah kebuntuan dengan tembakan jarak jauh pada menit ketujuh dan ke-11. Sementara eksekusi Messi dijinakkan Roman Pavlik, tembakan Thiago meleset dari sasaran.

Di tengah tekanan tim tamu, Plzen berhasil meloloskan serangan, yang berujung dua ancaman beruntun dari Milan Petrzela dan Daniel Kolar pada menit ke-17. Eksekusi Petrzela bisa diantisipasi dengan baik oleh Valdes dan tembakan Kolar melenceng dari target.

Barcelona membenahi koordinasi pertahanan dengan tetap menjaga determinasi lini depan. Setelah tembakan Cesc Fabregas pada menit ke-21 diantisipasi Pavlik, Barcelona mendapat hadiah penalti menyusul pelanggaran Marian Cisovsky kepada Messi, yang juga berbuah kartu merah.

Messi yang dipercaya melakukan eksekusi melepaskan tembakan ke sudut kanan bawah gawang, yang gagal diantisipasi Pavlik. Itu adalah gol ke-200 Messi untuk Barcelona.

Tanpa mendapat perlawanan berarti, Barcelona terus melakukan tekanan. Peluang demi peluang tercipta dari Dani Alves, Adriano, dan Messi, tetapi tak satu pun membuahkan gol kedua, sampai Messi berhasil melesakkan umpan Adriano masuk ke sudut kiri bawah gawang Pavlik pada menit ke-45, yang diikuti bunyi peluit turun minum.

Selama 45 menit pertama, Barcelona menguasai bola sebanyak 67 persen dan menciptakan enam peluang emas dari 10 kali usaha. Adapun tuan rumah melepaskan satu tembakan akurat dari satu kali percobaan.

Susunan pemain
Viktoria Plzen: Roman Pavlik; David Bystron, Marian Cisovsky, David Limbersky, Frantisek Rajtoral; Pavel Horváth, Petr Jiracek, Vaclar Pilar, Milan Petrzela; Marek Bakos, Daniel Kolár

Barcelona: Victor Valdés; Carles Puyol, Gerard Pique, Eric Abidal, Dani Alves; Thiago, Sergio Busquets, Cesc Fábregas; Isaac Cuenca, Lionel Messi, Adriano

Wasit: Robert Schorgenhofer

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com