Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gebuk Mataram, Persema Kokoh di Puncak Klasemen

Kompas.com - 10/04/2011, 19:13 WIB

MALANG, Kompas.com - Tuan rumah Persema Malang berhasil menekuk tamunya Real Mataram 5 -2 dalam lanjutan Liga Primer Indonesia, Minggu (10/4/11) di Stadion Gajayana Malang. Hasil ini menjadikan kesebelasan berjuluk "Laskar Ken Arok" tersebut kokoh bertahan di posisi puncak klasemen sementaar liga.

Gol cepat tuan rumah dicetak striker Reza Mustofa melalui sundulan di menit ke-16 memanfaatkan sepak pojok dari Muhammad Kamri. Tiga menit setelah itu, striker Persema lainnya Han Sang Min menambah keunggulan tuan rumah dengan memanfaatkan umpan dari Ngon Mamoun.

Lengah dengan keunggulan dua gol, para pemain Persema mulai bertindak ceroboh, utamanya di lini belakang. Para pemain Persema terlihat sering memainkan bola di depan gawang sendiri.

Kecerobohan itu akhirnya membuat kubu Laskar Ken Arok gigit jari di menit ke-34. Striker Real Mataram Fernando Soler mampu merebut bola dari Semme Piere Patrick dan menjadikannya sebuah gol balasan. Kedudukan 2-1 untuk keunggulan sementara Persema.

Sebelum babak pertama usai, Laskar Ken Arok berhasil menambah sebuah gol dari kelihaian gelandang Kim Jeffrey Kurniawan memanfaatkan umpan samping dari Suroso. Babak pertama berakhir dengan kedudukan sementara 3-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Usai turun minum, kubu Real Mataram mendapat hadiah tendangan penalti dari wasit Drage Stojanovski asal Slovakia di menit ke-60. Penalti diberikan setelah playmaker Laskar Ken Arok, Bima Sakti, menyentuh bola di dalam kotak penalti sendiri. Kedudukan berubah 3-2 masih untuk keunggulan tuan rumah.

Tidak ingin tertinggal semakin jauh, pelatih Real Mataram beberapa kali mengubah strategi dengan mengganti para pemainnya. Namun strategi ini tidak banyak membantu bagi tim tamu. Sebab Irfan Bachdim yang dimasukkan pelatih Persema Timo Scheunemann di menit ke-61 menggantikan Benoit Lang, menambah gol hasil bola muntah di depan gawang Real Mataram yang dijaga oleh kiper Arik Bahtiar. Kedudukan 4-2 untuk keunggulan tuan rumah.

Sebelum laga berakhir, tuan rumah kembali menambah sebuah gol melalui kaki Reza Mustofa hasil solo run-nya memanfaatkan umpan dari lini tengah. Laga ini berakhir dengan kedudukan 5-2 untuk kemenangan Laskar Ken Arok.

"Persema bermain bagus, dan kelihatan mereka pantas berada di puncak klasemen. Meski hanya memiliki sedikit peluang, namun mereka berhasil menjadikannya gol," ujar Pelatih Real Mataram, Jose Basualdo.

Pelatih Persema Malang, Timo Scheunemann mengatakan kemenangan ini cukup melegakan dan sesuai dengan misi awal mereka untuk membalas kekalahan pada laga sebelumnya saat mereka ditumbangkan Aceh United di Aceh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com