Persija Siap Jadi Contoh Industri Bisnis - Kompas.com

Persija Siap Jadi Contoh Industri Bisnis

Kompas.com - 25/07/2009, 00:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Investor Persija Jakarta terungkap Eddy Joenardi. Dia langsung menduduki jabatan Direktur Utama PT Persija Jaya. Dia berambisi membawa Persija menjadi pelopor industri bisnis.

Kepemimpinannya bersama enam pimpinan teras, yakni Sonny Sumarsono sebagai Direktur Bisnis, Zulfikar Utama (Direktur Teknik), Bambang Sutjipto (Direktur Umum), Benny Erwin (Direktur Finansial dan Keuangan), serta Jajat Sudrajat dan Gurning (Direktur Komersial).

"Saya tertarik mengelola Persija karena tim ini memiliki prospek yang baik untuk dikembangkan," kata Eddy kepada wartawan di Jakarta, Jumat (24/7) sore.

Ia mengatakan, dirinya memiliki visi dan misi untuk tahun pertama tidak mengejar profit. Namun, untuk tahun kedua, jika pengelolaan klub dibingkai secara profesional, ia merasa sangat optimistis, Persija akan mampu menjadi percontohan sebuah industri olahraga dengan berbagai konsep yang telah disusun.

"Kami ingin menjadi pelopor olahraga sebagai industri bisnis. Kami ingin dijadikan contoh bagi klub-klub lain dengan tidak lagi menggantungkan harapan kepada bantuan dana APBD. Kami akan kelola Persija dengan dana mandiri," kata pengusaha Ibu Kota yang selama ini berkecimpung di dunia bisnis alat-alat berat ini.

Eddy siap investasi ke "Macan Kemayoran" untuk lima musim kompetisi dengan menggelontorkan uang sebesar Rp 30 miliar per musim.

Untuk musim depan, Persija akan membidik pelatih baru asal Portugal, Alberto Rafael Soerio Gomes (54).

Adapun duet Bambang Pamungkas dan Aliyudin sudah tak bisa dipertahankan. Persija sendiri mengincar pemain lokal, yaitu Yongki (Persik), Rachmat Rivai (Persitara), Fandi Mochtar dan Arif Suyono (Pelita Jaya), Octavianus (SFC), Syamsul Chaerudin (PSM), serta Eka Ramdani dan Nova Arianto (Persib).

Adapun pemain asing yakni Christian Gonzales, Zada, Greg Nwokolo, Patricio Morales, Claudio Pronetto, Beto atau Paiton Tiabma, di antara yang diincar, termasuk kiper nasional Singapura, Lionel Lewis, sebagai penjaga gawang utama. (ANT)

Editor

Terkini Lainnya