Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiper Kelahiran Indonesia Ikut Rayakan "Scudetto" Juventus

Kompas.com - 15/05/2016, 12:03 WIB
Anju Christian

Penulis

Sumber Juventus

TURIN, KOMPAS.com — Sabtu (14/5/2016) menjadi hari bersejarah untuk penjaga gawang Juventus, Emilio Audero. Untuk kali pertama dalam kariernya, pemain berdarah Indonesia itu menerima medali scudetto.

Setelah peluit panjang partai Serie A kontra Sampdoria, para pemain Juventus mendapatkan panggilan berdasarkan nomor punggung. Satu per satu dari mereka berjalan di atas karpet biru, lalu menaiki podium.

Audero menjadi pemain terakhir yang menuju podium setelah Roberto Pereyra. Maklum, pemain kelahiran Mataram, Nusa Tenggara Barat, itu memiliki nomor 38.

Capaian Audero sekaligus mengharumkan tanah kelahirannya. Kiper pemain berusia 19 tahun ini menjadi pemain kelahiran Indonesia pertama yang menjuarai kompetisi kasta teratas Italia.

Audero memiliki darah Indonesia melalui ayahnya, Edy Mulyadi, yang berasal dari Lombok. Namun, kiper kelahiran 1997 itu memilih kewarganegaraan Italia.

Dia sudah mencicipi seragam tim nasional Italia di level U-15, U-16, U-17, U-18, dan U-19. Hingga kini, dia belum pernah menerima panggilan untuk tim U-21 dan senior.

Pada musim 2015-2016, Audero terdaftar dalam skuad Juventus untuk Serie A dan Liga Champions. Namun, dia belum mendapatkan jatah pertandingan di tim senior dan masih sering membela tim Primavera.

Juara Juventus 5-0 Sampdoria: Penutup Sempurna
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com