Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurniawan Ungkap Siapa Penerusnya

Kompas.com - 10/10/2015, 12:00 WIB
Ferril Dennys

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Legenda sepak bola Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, mengungkapkan bahwa ada dua pemain yang bisa melebihi pencapaiannya. Kedua pemain tersebut yaitu Ferdinand Sinaga dan Muchlis Hadi.

Sebelum memutuskan pensiun pada 2014, Kurniawan merupakan penyerang terbaik di Indonesia. Bahkan, ia pernah mencatat sejarah sebagai pemain Indonesia pertama yang mencetak gol di kompetisi Eropa saat memperkuat FC Luzern. Kurus mencetak gol tersebut saat melawan FC Besel pada 1995. 


Setelah era Kurniawan berakhir, sejumlah penyerang muda mulai bermunculan. Dari  sejumlah deretan penyerang, Kurniawan melihat Ferdinand dan Muchlis sebagai penyerang masa depan Indonesia.   

"Saya berharap banyak sama Ferdinand Sinaga. Asalkan, dia bisa mengontrol emosi. Harapan saya, sifat temperamentalnya Ferdinand bisa dialihkan ke hal positif," kata Kurniawan saat berbincang dengan Kompas.com, Kamis (8/10/2015).

Kurniawan menjagokan Ferdinand karena punya kemampuan komplet. "Ferdinand punya skill lebih kompliet, naluri gol, dan kecepatannya bagus. Dia hanya harus meredam temperamennya. Soalnya saat pemain emosi, konsentrasi akan berkurang beberapa persen," tuturnya.

Selain Ferdinand, Kurniawan juga melihat potensi dalam diri Muchlis Hadi Ning Syaifulloh. "Dia juga punya naluri gol bagus. Harapan saya, dia tetap mau belajar dan selalu mencari kelebihannya sendiri," jelasnya.

Kurniawan pun berharap kedua pemain tersebut bisa mencapai karier yang melebihi dirinya. "Untuk keduanya, kalau menyamai saya enggak mungkin, tetapi kalau melebihi saya itu baru mungkin. Harapan saya melebihi, bukan menyamai," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com