Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Austria Vs Turkiye, Rekor Gol Kilat Demiral Bawa Skuad Montella ke Perempat Final

Kompas.com - 03/07/2024, 03:53 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

KOMPAS.com - Gol kilat jarak dekat mengantarkan timnas Turkiye melaju ke perempat final Euro 2024 setelah menyingkirkan Austria pada babak 16 besar.

Laga Austria vs Turkiye pada 16 besar Piala Eropa 2024 berlangsung di Stadion Leipzig, Jerman, pada Selasa (2/7/2024) atau Rabu (3/7/2024) dini hari WIB.

Timnas Turkiye, yang dilatih Vincenzo Montella, berhasil unggul cepat pada laga ini usai berhasil membobol gawang Austria pada menit pertama, tepatnya pada detik ke-57.

Bermula dari tendangan sudut, terjadi kemelut, Merih Demiral melepaskan tembakan kaki kiri dari jarak sangat dekat mengarah ke sudut kiri atas yang menjebol gawang Patrick Pentz.

Baca juga: Hasil Romania Vs Belanda 0-3: Gakpo-Malen Bersinar, Oranje ke Perempat Final

Dikutip dari Squawka, gol Merih Demiral pada detik ke-57 adalah gol tercepat pada babak sistem gugur dalam sejarah Piala Eropa.

Selain itu, torehan tersebut menjadi gol tercepat kedua dalam Euro 2024 usai gol Nedim Bajrami (Albania) pada detik ke-27 ke gawang Italia.

Suporter Turkiye pun bergemuruh menyambut gol cepat tersebut. Turkiye unggul 1-0 atas Austria. 

Tertinggal, Austria berusaha menekan untuk bisa menyamakan kedudukan. Austria mendapat peluang dari Christoph Baumgartner.

Mendapat umpan dari Marcel Sabitzer, Baumgartner melepaskan tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti, tetapi masih menyamping di sisi kiri gawang Turkiye.

Austria kembali mengancam. Kali ini via sundulan dari Philipp Lienhart, tetapi masih terlalu tinggi usai menerima umpan silang Romano Schmid. 

Lienhart kembali berupaya untuk bisa membobol gawang Turkiye, tetapi sepakan kaki kanannya masih bisa diblok benteng pertahanan lawan.

Baca juga: Kata Montella Usai Bawa Turkiye Lolos 16 Besar Piala Eropa 2024

Usai itu, pemain muda Turkiye, Arda Gueler melepas tembakan kaki kiri dari jarak jauh, tetapi masih meleset ke arah kanan gawang Austria.

Gueler kemudian melepaskan umpan silang meneruskan sepak pojok yang disambut sundulan Demiral dari jarak dekat, tetapi arah bola masih terlalu tinggi dari gawang Austria.

Pada pengujung babak pertama, Austria mendapat peluang lewat Christoph Baumgartner.

Baumgartner melepaskan tembakan kaki kiri, tetapi masih meleset. Skor 1-0 untuk keunggulan Turkiye pun menutup babak pertama.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com