Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jay Idzes: Bangga Mewakili Indonesia di Serie A

Kompas.com - 10/06/2024, 10:00 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jay Idzes mengaku bangga bisa membawa nama Indonesia di Serie A 2024-2025. Klub yang dibela Jay Idzes, Venezia, berhasil promosi ke kasta teratas Liga Italia.

Venezia berhasil naik kasta setelah mengalahkan Cremonese di babak final play-off Serie B 2023-2024 yang mempertaruhkan tiket promosi ke Serie A.

Tim yang dibela Jay Idzes unggul agregat 1-0 atas Cremonese. Kemenangan Venezia atas Cremonese dipastikan melalui gol semata wayang Christian Gytkjaer pada leg kedua final play off promosi, Minggu (2/6/2024).

"Tentu saya sangat senang karena main di Serie A musim depan. Rasanya hebat dan bangga bisa mewakili Indonesia sekaligus jadi pemain Indonesia pertama yang main di Serie A," kata Jay Idzes kepada awak media, di Stadion Madya, Minggu (9/6/2024).

Warna Indonesia di Serie A 2024-2025 tidak hanya diwakili oleh Jay Idzes seorang, tetapi turut dihadirkan oleh Como 1907.

Sebagai informasi, Como merupakan klub  yang dimiliki oleh konglomerat Indonesia, Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono.

Baca juga: Apresiasi Menpora Usai Timnas Indonesia Kalah dari Irak

Como berhasil promosi ke Serie A setelah menempati posisi kedua klasemen Serie B 2023-2024 dengan membukukan 73 poin.

Adapun Jay Idzes yang sudah rampung membela Venezia akan memperkuat timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Jay Idzes telah tiba Indonesia, sehari sebelum pertandingan Grup F melawan Irak pada Rabu (5/6/2024) malam.

Pada akhirnya, Idzes tidak diturunkan oleh juru taktik timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dalam laga kontra Irak.

Baca juga: Shayne Pattynama: Timnas Indonesia Tampil Bagus, tapi Sayang...

Setelah hanya menyaksikan laga versus Irak dari bangku cadangan, Jay Idzes siap kembali bermain sebagai starter untuk Indonesia. 

Kans bek berusia 24 tahun itu untuk mengisi susunan sebelas awal timnas Indonesia saat menghadapi Filipina, Selasa (11/6/2024) terbilang cukup besar, seiring skorsing yang melilit Jordi Amat.

"Sudah beberapa hari di sini. Perasaan saya baik meski baru sampai sehari sebelum lawan irak. Pemulihan saya sudah baik sekarang," kata pemain yang pernah membela Go Ahead Eagles itu.

Indonesia dijadwalkan akan melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), pada Selasa (11/6/2024).

Menghadapi Filipina di laga pamungkas, Jay Idzes mewaspadai sang lawan yang bisa menjadi  batu sandungan bagi Indonesia.

Skuad Merah Putih tinggal membutuhkan satu kemenangan untuk memastikan tempat di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Apabila tak mampu menuai kemenangan atas Filipina, Indonesia mesti bergantung kepada hasil akhir Irak vs Vietnam. 

"Saya menonton pertandingan mereka (Filipina) lawan Vietnam, mereka mencetak banyak peluang dan kami tidak boleh meremehkan. Mereka punya beberapa pemain bagus dan permainannya baik," ujar Jay Idzes menjelaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com