Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penegasan Dominasi PSG dan Kepahlawanan Luis Enrique

Kompas.com - 17/04/2024, 05:30 WIB
Ferril Dennys

Penulis


KOMPAS.com - Barcelona gagal mewujudkan misi untuk meraih gelar Liga Champions pada musim ini.

El Barca gagal ke semifinal Liga Champions seusai kalah dari Paris Saint-Germain dengan agregat 4-6.

Barca menelan kekalahan dari PSG dengan skor 1-4 pada leg kedua perempat final Liga Champions di Stadion Olimpiade Lluis Companys pada Selasa (16/4/2024) atau Rabu dini hari WIB.

Baca juga: Hasil Barcelona Vs PSG: Dua Gol Mbappe Bawa PSG ke Semifinal!

Barcelona berhasil memimpin 1-0 lebih dahulu seusai Raphinha mengemas gol saat laga baru berumur 12 menit. Bermula dari umpan Lamine Yamal, Raphinha tak menyia-nyiakan peluang. Ia mampu mengonversikannya menjadi gol via sepakan ke arah kanan gawang PSG.

Namun, Barcelona kemudian pincang. Sebab, tim berjuluk Blaugrana itu harus kehilangan Ronald Araujo. Ronald Araujo menerima kartu merah dari wasit karena melakukan pelanggaran kepada pemain PSG, Bradley Barcola, pada menit ke-29

PSG berhasil memanfaatkan keunggulan pemain. Pasukan Luis Enrique itu menciptakan gol melalui Ousmane Dembele pada menit ke-40.

Gol bermula dari operan silang Barcola yang dimanfaatkan dengan baik oleh Dembele lewat tendangan keras kaki kanan. Aksi Dembele membuat laga Barcelona vs PSG imbang 1-1.

Penyerang PSG, Kylian Mbappe, saat mengemas gol dalam leg kedua perempat final Liga Champions 2023-2024 antara Barcelona vs PSG di Stadion Olimpiade Lluis Companys pada 16 April 2024.FRANCK FIFE/AFP Penyerang PSG, Kylian Mbappe, saat mengemas gol dalam leg kedua perempat final Liga Champions 2023-2024 antara Barcelona vs PSG di Stadion Olimpiade Lluis Companys pada 16 April 2024.

Selepas jeda, PSG "menggila". Tim yang dibesut Luis Enrique tersebut mencetak tiga gol. Pesta gol PSG diawali dari gol Vitinha dan sepasang gol Kylian Mbappe.

Kemenangan ini mempertegas dominasi PSG saat melawan Barcelona.

Menurut catatan Opta, PSG adalah tim yang paling banyak menyingkirkan Barca di Liga Champions.

Sudah tiga kali PSG berhasil "menendang" Barca dari Liga Champions. Hal itu terjadi pada perempat final 1994-1995, babak 16 besar 2020-2021, dan perempat final 2023-2024.

Pada babak 16 besar 2020-2021, PSG tampil gemilang di depan publik Camp Nou. Saat itu, PSG menang 4-1 berkat hattrick Mbappe.

Sementara pada leg kedua, PSG bermain imbang 1-1 dengan Barca.

Tentunya langkah PSG lolos ke semifinal menjadi suntikan semangat untuk Mbappe dan kawan-kawan meraih trofi Liga Champions untuk kali pertama.

Terlebih, mereka memiliki Luis Enrique yang punya pengalaman mempersembahkan trofi Liga Champions saat menangani Barca 2014-2015.

Sebaliknya untuk Barcelona, hasil ini menjadi tamparan. Dibanding PSG, Barca sejatinya lebih berpengalaman di Liga Champions karena sudah 5 kali menjadi juara.

Namun, mereka harus menerima kenyataan memperpenjang puasa gelar Liga Champions sejak kali terakhir mencicipinya pada 2014-2015. Saat itu, Barca diasuh Luis Enrique. 

Kini, Enrique berpeluang mengulang kisah manisnya saat meraih gelar Liga Champions di Barcelona.

Dia hanya tinggal dua langkah lagi untuk mewujudkan mimpinya menjadi pahlawan di PSG dengan membawa klub tersebut untuk kali pertama menjuarai Liga Champions. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com