Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juventus Libas Fiorentina, Mantan Tukang Batu yang Terus Jadi Penentu

Kompas.com - 08/04/2024, 05:03 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Federico Gatti yang pada masa lalu pernah bekerja sebagai tukang batu sekali lagi menjadi pahlawan kemenangan Juventus. Golnya mengantar Juve menang 1-0 atas Fiorentina.

Gol semata wayang Federico Gatti menjadi pembeda laga pekan ke-31 Liga Italia 2023-2024 antara Juventus vs Fiorentina di Stadion Allianz, Senin (8/4/2024) dini hari WIB.

Juventus menang 1-0 atas Fiorentina berkat gol Federico Gatti pada menit ke-21.

Gol tersebut tercipta usai Gatti sigap menyongsong bola muntah hasil tandukan Gleison Bremer yang mengenai tiang gawang Fiorentina.

“Kami mencobanya dalam latihan pagi ini. Tidak, saya bercanda. Saya minta maaf kepada Bremer, namun saya menemukan diri saya berada di tempat dan waktu yang tepat dan itu membuat saya melewatkan peluang sebelumnya,” tutur Gatti usai partai kontra Fiorentina.

Baca juga: Hasil dan Klasemen Liga Italia: Juventus Jaga Jarak dengan Milan, Roma Dekati 4 Besar

Torehan ke gawang Fiorentina merupakan gol keempat Gatti di pentas Serie A Liga Italia 2023-2024.

Musim ini, tak ada bek sentral yang punya koleksi gol lebih banyak dari Gatti.

Ia sama tajam dengan Lucas Martinez Quarta (Fiorentina/4 gol) dan Gianluca Mancini (Roma/4 gol). Patut dicatat, tiga dari empat gol Gatti musim ini memberikan kemenangan buat  Juve.

Gatti musim ini muncul sebagai salah satu pemain Juve yang mampu menampilkan sinar terang.

Terlepas dari blundernya saat Juve kalah 2-4 dari Sassuolo pada September 2023 silam, Gatti mampu menunjukkan kontribusi apik.

Baca juga: Hasil Juventus Vs Fiorentina 1-0: Bek Rasa Striker, Si Nyonya Menang

Ia memberikan kestabilan di lini belakang Juve dan menjadi sumber gol alternatif tim.

Proses dan jatuh bangun adalah sesuatu yang sangat dipahami oleh Gatti. Sebelum bersinar dan mencicipi sepak bola level tinggi bersama Juventus, Gatti menapak pelan-pelan mulai dari level amatir, semi-pro, Serie D, Serie C, Serie B, dan akhirnya Serie A.

Pada satu titik dalam kehidupannya, Gatti pernah bekerja sebagai tukang batu memasang bata dan atap genteng pada siang hari, lalu bermain sepak bola ketika malam tiba di Rivoli, kota sebelah barat Torino, tempatnya tumbuh dan kini bermukim.

Ketelatenannya memasang batu batu barangkali mengajarkannya untuk sabar dan menjalani segalanya selangkah demi selangkah.

Sebelum sampai ke Juventus, Gatti berproses perlahan bersama klub-klub semodel Pavarolo, Saluzzo, Verbania, Pro Patria, lalu Frosinone.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com