Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persib Vs Persija, Andritany Justru Rindukan Atmosfer Bobotoh

Kompas.com - 10/03/2024, 12:00 WIB
Adil Nursalam,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Duel Persib Bandung vs Persija Jakarta pada pekan ke-28 Liga 1 2023-2024 terasa berbeda karena tak ada suporter di dalam stadion. 

Laga digelar tanpa kehadiran Bobotoh, karena Persib harus menjalani sanksi larangan menggelar laga dengan penonton dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. 

Hasil Persib vs Persija memuat skor 2-1 untuk kemenangan Maung Bandung. Pertandingan pekan ke-28 Liga 1 ini digelar pada Sabtu (9/3/2024) di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung. 

Brace atau dwigol David da Silva mengantarkan Persib meraih tiga poin penuh. Persija pulang tanpa poin meski gol Maciej Gajos sempat menyamakan skor di babak pertama. 

Baca juga: Persib Vs Persija, Sesal Doll Tak Bisa Kalahkan Maung yang Labil

Ketidakhadiran Bobotoh, sebutan pendukung Persib, disebut kapten Persija, Andritany Ardhiyasa, tak mengubah muatan gengsi pertandingan. 

“Pada pertandingan, derbi tetaplah derbi, tanpa penonton atau dengan penonton, tapi derbi kali ini itu berbeda,” ujar Andritany. 

“Berbedanya tidak ada teror, ke stadion dengan aman, sampai di sini juga tidak ada tekanan dari suporter,” kata pemain senior Persija yang telah merasakan duel el clasico Indonesia pada beberapa edisi. 

Baca juga: Klasemen Liga 1 Usai Persib Bandung Bekuk Persija Jakarta

Suasana Stadion Si Jalak Harupat, Soreang Kabupaten Bandung, dipenuhi Bobotoh saat menggelar laga Persib Bandung di pentas Liga 1 2023-2024. KOMPAS.com/ADIL NURSALAM Suasana Stadion Si Jalak Harupat, Soreang Kabupaten Bandung, dipenuhi Bobotoh saat menggelar laga Persib Bandung di pentas Liga 1 2023-2024.

Cuma, Andritany mengungkapkan dengan jujur, dirinya cukup merindukan atmosfer bermain di hadapan Bobotoh di kandang Persib. 

Terakhir kali Persija bermain di hadapan Bobotoh adalah pada 11 Januari 2023, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Andritany dan tim mengalami kekalahan 0-1 akibat kemasukan gol Ciro Alves.

Andritany dan Persija saat itu membawa kabar baik dari Bandung, bahwa mereka disambut dengan benar hangat, tak ada teror berlebihan. 

“Sejujurnya, saya merindukan itu, saya merindukan adanya suporter Persib Bandung di dalam stadion,” ucap Andritany.  

“Tapi apa boleh buat, saat ini sedang terkena sanksi Komdis, maka mereka harus menjalankan pertandingan tanpa adanya suporter,” tutur Andritany menambahkan. 

Baca juga: Hasil Persib Vs Persija, Bojan Menilai Laga Tak Enak Disaksikan

Pemain yang sudah berkostum Persija sejak 2010 ini pun mengucapkan selamat untuk kemenangan Persib.

Ia turut meminta maaf kepada suporter Persija, The Jakmania, karena tak membawa poin dari Bandung. 

“Saya mengucapkan selamat kepada Persib Bandung mendapatkan tiga poin. Saya juga meminta maaf kepada para suporter yaitu The Jakmania, kami tidak bisa membawa poin ke Jakarta, poin yang sangat penting,” ucapnya. 

“Kami sangat kecewa dengan hasilnya, ini bukan hasil yang diinginkan, tentu kami masih harus berjuang untuk menggapai posisi aman dari zona degradasi karena di bawah terus mendesak kami dan terus merangkak naik. Kami terus berjuang aman dari zona degradasi,” ujar Andritany. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com