Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalah Lagi, Thomas Doll Soroti Masalah Finishing Persija

Kompas.com - 23/02/2024, 12:30 WIB
Suci Rahayu,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.comPersija Jakarta kembali menelan kekalahan pada laga pekan ke-25 BRI liga 1 2023-2024 ini. Macan Kemayoran kalah dengan skor tipis 0-1 dari Madura United di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Kamis (22/2/2024) malam.

Kekalahan tersebut menjadi kedua secara beruntun setelah Persija kalah 1-3 dari Borneo FC. Menanggapi hasil buruk tersebut, pelatih Persija Thomas Doll menyoroti masalah klasik tim soal finishing.

Ia menilai pemain masih sering membuang-buang peluang mencetak gol. 

Oleh karenanya, Madura United menghukum penampilan Persija tersebut melalui gol tunggal Muhammad Riski Afrisal menjelang akhir laga pada menit ke-86.

Meski demikian, ia tetap mengapresiasi penampilan Gustavo Almeida dkk yang telah memberikan penampilan terbaik walaupun dari segi hasil sangat mengecewakan.

“Semuanya bisa melihat bahwa kita sudah memberikan yang terbaik sampai menit akhir tapi sampai menit akhir kita tidak mencetak gol. Artinya, kalah dan tidak mendapatkan poin,” ujar pelatih asal Jerman itu.

“Jadi memang kita bisa memanfaatkan momen-momen yang ada dan akhirnya tidak bisa membawa kemenangan,” imbuhnya.

Baca juga: Hasil Persija Jakarta vs Madura United 0-1: Laskar Sape Kerrab Dekati Bali United

Sepanjang laga melawan Madura United, ia terus memantau permainan tim. Ia merasa seharusnya pemain Persija jauh lebih efektif dalam mengonversi peluang menjadi gol.

“Harusnya kita memanfaatkan ketika mendapat peluang besar untuk mencetak gol. Tapi lawan tiba-tiba bisa mencetak gol, 1-0. Kita tidak menduga punya peluang banyak dan pemain tidak bisa memnfaatkan itu,” tutur Thomas Doll.

Dengan hasil buruk yang kembali diterima, Persija masih belum bisa beranjak dari posisi ke-9 klasemen sementara Liga 1 2023-2024 dengan perolehan 32 poin. 

Kans finish di posisi empat besar guna melaju ke babak championship series semakin berat dengan jarak poin yang semakin jauh dengan tim-tim pesaing lainnya.

Akan tetapi, ia akan mencoba memaksimalkan 9 laga sisa mendatang termasuk pertandingan terdekat melawan Arema FC untuk bisa membawa timnya sapu bersih hasil positif.

“Untuk pertandingan tersisa kita harus memanfaatkan pertandingan. Setiap ada kesempatan memanfaatkan untuk menang,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com