Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xavi: Skenario Aneh, Barcelona Hadapi Napoli di Bawah Pelatih Baru

Kompas.com - 21/02/2024, 17:13 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pelatih kepala Barcelona, Xavi Hernandez, menilai bahwa laga melawan Napoli di babak 16 besar Liga Champions 2023-2024 akan sulit ditebak karena adanya pergantian pelatih di kubu tim Italia.

Napoli baru saja menunjuk Francesco Calzona sebagai pelatih kepala menggantikan Walter Mazzarri yang didepak pada Senin (19/2/2024).

Calzona merupakan pelatih ketiga yang memimpin Partenopei, julukan Napoli, setelah Walter Mazzarri dan Rudi Garcia sepanjang musim 2023-2024 ini.

Barcelona yang akan bertandang ke markas Napoli di Stadion Diego Armando Maradona, Kamis (22/2/2024) dini hari WIB, sedikit diunggulkan terkait kestabilan di ruang kepelatihan.

Kendati demikian, Xavi menilai bahwa laga tersebut sukar untuk diprediksi karena pergantian nakhoda di kubu lawan.

“Sebuah skenario aneh untuk memainkan pertandingan besar melawan tim Napoli yang baru saja mengganti pelatih sebelum pertandingan. Tidak mudah untuk mempersiapkan diri,” tutur Xavi dikutip dari situs Liga Champions.

Baca juga: Prediksi Skor dan Susunan Pemain Napoli Vs Barcelona di Liga Champions

Juara dunia 2010 bersama timnas Spanyol ini enggan untuk meremehkan lawannya, serta meyakini semua keadaan dapat terjadi di lapangan.

“Saya tidak menganggap kami sebagai favorit. Saya melihatnya sebagai 50/50 dan kami harus menunjukkan di atas lapangan bahwa kami lebih baik dari Napoli,” jelas Xavi.

Bagi Blaugrana, pertandingan nanti menjadi spesial karena menjadi pertama kali mereka kembali ke babak gugur Liga Champions setelah 2 musim beruntun tidak berhasil lolos dari fase penyisihan grup.

Gelandang Barcelona, Frankie De Jong, mengaku tidak sabar untuk menghadapi Napoli.

“Kami sangat senang. Kami tidak memainkan laga seperti ini selama dua tahun,” ujar gelandang berkebangsaan Belanda itu.

Baca juga: Daftar Klub dengan Penjualan Jersey Tertinggi: Barcelona Teratas, Ungguli Madrid dan Man United

Meski sedang terjadi pergolakan di kubu Napoli akibat pergantian pelatih, De Jong tetap menganggap bahwa kubu Naples tersebut merupakan tim yang bagus.

“Napoli memiliki tim bagus dengan pemain-pemain hebat. Musim ini mereka melalui periode sulit untuk sampai di sini, di babak 16 besar,” ucapnya.

Barcelona sendiri tidak akan mudah menyambut laga nanti  mengingat banyaknya pemain yang cedera di laga-laga sebelum ini.

Sebut saja beberapa nama seperti Aljandro Balde, Ferran Torres, Marcos Alonso, dan Gavi yang masih membutuhkan waktu untuk bergabung kembali ke skuad utama.

Menilik dari lima laga terakhir, klub asal Catalanunya ini meraih 3 kemenangan, 1 seri, dan 1 kalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com