Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemain Barcelona Mau bersama Xavi sampai Mati

Kompas.com - 28/01/2024, 12:30 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Xavi Hernandez memutuskan pergi dari Barcelona pada akhir musim ini. Talenta muda Barca, Gavi, siap bersama Xavi sampai mati.

Pernyataan mengejutkan keluar dari mulut Xavi Hernandez usai laga pekan ke-22 Liga Spanyol 2023-2024 antara Barcelona vs Villarreal, Minggu (28/1/2024) dini hari WIB. 

Sesuai pertandingan di Estadi Olimpic Lluis Companys yang berujung dengan hasil kekalahan 3-5 buat Barca itu, Xavi mengumumkan kepergian. 

Sang pelatih kelahiran Terrassa memutuskan untuk meninggalkan kursi pelatih Barcelona pada akhir musim 2023-2024, atau persisnya 30 Juni nanti. 

"Saya ingin mengumumkan bahwa saya tidak akan lanjut melatih klub ini per 30 Juni. Kami telah membicarakan ini," ucap Xavi Hernandez, dikutip dari media Spanyol, Marca.

Baca juga: Xavi Mundur dari Pelatih Barcelona Usai Barca Dilibas Villarreal

"Saya yakin situasi ini butuh perubahan dan sebagai seorang cule (fan Barcelona), saya tak bisa  membiarkan situasi ini berlanjut."

Xavi menyatakan niat pergi ketika Barcelona dalam kondisi kurang ideal. Kekalahan 3-5 dari Villarreal menjauhkan mereka dari puncak klasemen Liga Spanyol 2023-2024.

Barca arahan Xavi yang menempati urutan tiga, kini terpaut 10 angka dari pemuncak klasemen LaLiga, Real Madrid. Klub beralias Blaugrana juga ketinggalan 8 poin dari sang tetangga, Girona, yang menduduki peringkat dua.

Beberapa waktu lalu, Barca juga dipermak sang rival bebuyutan Real Madrid pada final Piala Super Spanyol.

"Keputusan ini dibuat beberapa hari lalu. Melihat hasil, saya percaya ini adalah momen tepat untuk mengatakannya," tutur Xavi soal kepergiannya.

Baca juga: Hasil Barcelona Vs Villarreal 3-5, Tim Xavi Terkapar di Laga 8 Gol

Mengutip pemberitaan media asal Kota Barcelona, Diario Sport, Xavi memang sebelumnya telah membicarakan keputusan pergi dengan pihak klub.

Namun, ia menyatakan para pemain Barcelona, tak tahu-menahu soal keputusan ini sebelum konferensi pers pascalaga kontra Villarreal. 

Karena itu, keputusan Xavi meninggalkan Barca pada akhir musim nanti juga menjadi kejutan untuk pemain, terlebih Gavi yang tak ikut rombongan tim dalam duel kontra Villarreal.

Gavi yang bernama asli Pablo Martin Paez Gavira tak masuk tim karena tengah menjalani pemulihan cedera.

"Selalu bersamamu sampai mati, Mister," tulis Gavi di akun media sosial X miliknya.

Gavi (19 tahun) yang mendaptkan debut profesional di Barcelona pada era kepelatihan Ronald Koeman, bertumbuh dan kian matang kala tim dibesut Xavi.

Bahkan, Gavi kini mewarisi nomor punggung enam yang identik dengan Xavi semasa masih aktif bermain untuk Barcelona.

Ia menjadi salah satu pilar Barcelona besutan Xavi yang menjuarai Liga Spanyol 2022-2023.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com