Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Nadeo Argawinata Usai Dipanggil Garuda ke Piala Asia 2023

Kompas.com - 14/01/2024, 20:23 WIB
Suci Rahayu,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kembali terjadi perubahan komposisi pemain Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 Qatar. Terbaru, tim pelatih Timnas Indonesia meminta penjaga gawang Borneo FC, Nadeo Argawinata untuk segera menyusul ke Qatar.

Nadeo Argawinata dipanggil untuk menggantikan Syahrul Trisna yang dicoret karena mengalami cedera jelang laga pembuka Piala Asia 2023 kontra Irak pada Senin (15/1/2023)..

Penjaga gawang asal Kediri itu mengaku sangat terkejut dengan keputusan tersebut. Ia mengatakan bahwa pemanggilan ini tidak pernah terbesit sedikitpun di benaknya.

"Kaget dan tidak menyangka juga pada menit terakhir saya diminta bergabung bersama Timnas Indonesia di Qatar,” ujarnya, sesuai rilis yang diterima Kompas.com.

Sebelum ini, tidak dipanggilnya Nadeo Agrawinata menjadi sorotan.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia Vs Irak di Piala Asia 2023

Pelatih Shin Tae-yong sempat menjadi pusat perbincangan karena lebih memilih kiper Persikabo Syahrul Trisna yang ia katakan lebih cocok dengan kebutuhan timnas.

Hal ini memicu komentar dari beberapa sektor publik yang mengatakan bahwa Nadeo Agrawinata  layak untuk berdiri di bawah mistar gawang Timnas Indonesia.

Pandangan tersebut datang karena Nadeo dianggap sedang di puncak performa bersama Borneo FC di Liga 1 2023-2024. Selain itu, segi pengalamannya membela Garuda juga beberapa langkah di depan Syahrul Trisna.

Kini, Nadeo pun bertekad membayar kepercayaan yang diberikan.

“Yang pasti saya akan berusaha dan berharap supaya bisa memberikan terbaik untuk Garuda," kata mantan penjaga gawang Bali United tersebut.

Setelah mendapatkan surat panggilan resmi, Nadeo Agrawinata tidak membuang waktu untuk mengemas barang-barangnya dan berangkat ke Qatar pada Minggu (14/1/2024) ini.

Secara kondisi, ia sangat siap karena sudah menjalani pemusatan latihan sejak 3 Januari 2024 bersama Borneo FC di Yogyakarta.

Baca juga: Piala Asia 2023, Nadeo Masuk Skuad Timnas Indonesia Usai Syahrul Cedera

Pemanggilan ini sesuai dengan surat yang diterima manajemen Borneo FC bernomor 209/AGB/28/I-2024.

Disebutkan, penjaga gawang kelahiran 9 Maret 1997 itu diharapkan segera merapat sebelum Senin (15/1/2024).

Nadeo Agrawinata bukan satu-satunya perubahan mendadak yang dibuat tim pelatih Timnas Indonesia.

Sebelumnya kejutan terjadi pada pencoretan Saddil Ramdani yang kemudian digantikan oleh pemain Borneo juga, Adam Alis.

Tim pun mendukung keputusan Timnas Indonesia dan melepas Nadeo serta Adam dengan rasa bangga.

"Pagi ini kami mendapat surat resmi atas pemanggilan Nadeo ke Timnas Indonesia yang akan berjuang di Piala Asia. Kami mendukung kerja mereka di sana apalagi ini untuk negara” ujar asisten manajer Borneo FC, Farid.

“Meskipun berat karena harus meninggalkan pemusatan latihan bersama klub tapi presiden klub berpesan, ini tugas negara dan harus dijalankan. Semoga Adam maupun Nadeo bisa membantu Indonesia terbang tinggi di Piala Asia," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com