Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Asia 2023: Shin Tae-yong Yakin Indonesia Bisa Jadi Tim Kejutan

Kompas.com - 11/01/2024, 19:30 WIB
Farahdilla Puspa,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, optimistis bisa menjadi tim kejutan di Piala Asia 2023 asal tidak membuat kesalahan. 

Timnas Indonesia akan melawan Jepang, Irak, dan Vietnam pada fase Grup D Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar pada 12 Januari-10 Ferbuari 2024. 

Secara peringkat FIFA, Indonesia terendah dibandingkan tiga tim lainnya. Indonesia berada di urutan ke-146, sedangkan Jepang ke-17, Irak di posisi 63, dan Vietnam di ranking 94. 

Indonesia juga punya rapor merah menjelang Piala Asia 2023. Skuad Garuda kalah dari Libya (0-4 dan 1-2) serta takluk dari Iran (0-5). 

Baca juga: Piala Asia 2023: Alasan Shin Tae-yong Coret Saddil Ramdani

Namun, Shin Tae-yong sempat mengatakan bahwa peringkat hanyalah angka. Hal terpenting adalah keyakinan dan daya juang para pemainnya di lapangan. 

Pelatih asal Korea Selatan itu juga percaya Indonesia bisa memberi kejutan pada fase grup Piala Asia 2023 asalkan tidak melakukan kesalahan sendiri. 

"Mungkin (bisa) ada kejutan. Saya menargetkan satu kemenangan, satu seri, dan satu kekalahan pada babak penyisihan grup," kata Shin Tae-yong, dilansir dari Sport Seoul. 

"Vietnam harus dikalahkan dan Irak setidaknya harus meraih hasil imbang. Jepang sejujurnya berada pada level yang berbeda," ucapnya. 

Baca juga: Piala Asia 2023: Rapor Merah Timnas Indonesia Menuju Qatar, Tugas Berat Shin Tae-yong

"Melawan Jepang tidak akan mudah, tetapi saya berencana mengganggu mereka. Saya rasa kami bisa membuat kejutan jika tidak melakukan kesalahan sendiri," tuturnya. 

"Saya sering memberi tahu para pemain, "Kamu bisa melakukannya", "Percaya pada diri sendiri", dan "Jangan takut melakukan kesalahan"," ujar dia. 

"Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan dengan kaki. Kesalahan pasti akan terus terjadi. Bagian itu perlu dikurangi," ungkapnya. 

Shin Tae-yong juga menjelaskan bahwa timnas Indonesia belum mengeluarkan kemampuan 100 persen pada laga uji coba. 

Baca juga: Peringkat FIFA Cuma Angka, Shin Tae-yong Ingin Daya Juang Garuda

"Performa kami sekitar 60-70 persen hingga pertandingan persahabatan melawan Iran pada tanggal 9. Meskipun kami kalah, itu melebihi ekspektasi kami," ucapnya. 

"Kami hanya perlu menambah 20 persen lagi selama lima hari tersisa. Selama tidak melakukan kesalahan, kami bisa menciptakan kejutan," tutur Shin Tae-yong. 

Timnas Indonesia akan memulai perjalanan di Piala Asia 2024 dengan melawan Irak (15 Januari), lalu Vietnam (19 Januari), dan terakhir Jepang (24 Januari). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com