Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendamping Baru Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Kompas.com - 11/01/2024, 18:30 WIB
Ferril Dennys

Penulis

KOMPAS.com - Timnas Indonesia kedatangan sosok baru saat skuad Garuda tampil di Piala Asia 2023 di Qatar mulai 12 Januari 2024. 

Dia adalah Choi Ju-young yang dipercaya sebagai fisioterapis skuad Garuda.

Ju-young merupakan orang kepercayaan Park Hang-seo saat masih menukangi timnas Vietnam. Kedua orang tersebut berkolaborasi sejak 2019 sampai 2021.

Baca juga: Piala Asia 2023: Vietnam Diuntungkan, Jepang Potensi Minus Pilar Utama

Selepas Hang-seo tidak lagi menjabat sebagai pelatih Vietnam, Ju-young memilih pulang ke negara asalnya, Korea Selatan.

Keputusan Ju-young mau membantu timnas Indonesia tidak lepas dari adanya Shin Tae-yong. Mereka pernah bekerja sama di Korea Selatan U-20 pada Piala Dunia U-20 2017.

"Dia (Tae-yong) ingin kita bekerja bersama untuk membantu Indonesia di Piala Asia. Maka dari itu saya datang ke sini," kata Ju-young.

"Timnas Indonesia berjuang keras, dan menyambut saya dengan baik. Saya senang dengan hal itu," pria berusia 71 tahun tersebut.

Para pemain timnas Indonesia saat menjalani sesi latihan di Lapangan Al Egla 2, Doha, Qatar, pada Minggu (7/1/2024) menjelang melawan Iran sebagai persiapan untuk Piala Asia 2023. Artikel ini berisi jadwal timnas Indonesia vs Iran.Dok. PSSI Para pemain timnas Indonesia saat menjalani sesi latihan di Lapangan Al Egla 2, Doha, Qatar, pada Minggu (7/1/2024) menjelang melawan Iran sebagai persiapan untuk Piala Asia 2023. Artikel ini berisi jadwal timnas Indonesia vs Iran.

Ju-young sudah bergabung sejak pemusatan latihan di Turki. Ia pun menjelaskan kondisi para pemain jelang mengikuti Piala Asia 2023.

"Beberapa pemain tidak berada dalam kondisi terbaik. Ada yang masih mengalami cedera ringan. Saya coba mengatur perawatan mereka. Sekarang mereka (pemain Indonesia) sudah lebih baik kondisinya, dan siap bertanding di Piala Asia," ucapnya.

Piala Asia 2023 dilangsungkan di Qatar pada 12 Januari sampai 10 Februari. Dalam ajang tersebut Indonesia berada Grup D bersama Irak, Vietnam, dan Jepang.

Indonesia sudah melakukan tiga kali uji coba jelang Piala Asia 2023 yakni melawan Libya dua kali (0-4) dan (1-2) dan Iran (0-5).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com