Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Fakta Indonesia Vs Guinea di Playoff Olimpiade Paris 2024, Maksimalkan Kans Terakhir

Kompas.com - 09/05/2024, 13:13 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Timnas U23 Indonesia akan menjalani perjuangan terakhir untuk bisa mendapatkan satu tempat di Olimpiade Paris 2024 dengan menghadapi Guinea pada laga playoff Olimpiade Paris 2024.

Laga Indonesia vs Guinea akan dilaksanakan di INF Clairefontaine Paris, Kamis (9/5/2024) malam ini.

Laga tersebut bakal menjadi kesempatan terakhir bagi skuad Garuda Muda untuk merajut asa tampil pada Olimpiade Paris 2024.

Terlebih lagi, kali terakhir Indonesia berpartisipasi di cabang olahraga sepak bola pria di Olimpiade sudah cukup lama, yakni pada Olimpiade edisi 1956 lalu.

Baca juga: Indonesia Vs Guinea, Shin Tae-yong Waspadai Satu Keunggulan Lawan

Tentu akan menjadi pencapaian yang luar biasa bagi Ivar Jenner dkk apabila mampu menembus Olimpiade Paris 2024.

Meski demikian, langkah timnas U23 Indonesia tidak akan mudah karena kekuatan Guinea juga tidak bisa dianggap sebelah mata.

Hal itulah yang membuat duel pertandingan akan berlangsung seru dan menarik untuk disaksikan.

Berikut tiga fakta yang telah dirangkum Kompas.com jelang laga playoff Olimpiade Paris 2024:

Baca juga: Link Streaming Indonesia Vs Guinea di Playoff Olimpiade Paris 2024 Malam Ini

1. Pertemuan Perdana Kedua Tim

Laga Indonesia vs Guinea ini menjadi catatan perdana pertemuan kedua timnas di ajang internasional. Intensitas pertemuan kedua tim memang kemungkinan sangat kecil potensinya karena dari dua konfederasi yang berbeda.

Indonesia berada dalam naungan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan Guinea berada di Afrika Barat masuk dalam Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF). Kedua tim kemungkinan hanya bisa bertemu dalam laga tidak resmi seperti uji coba.

Baca juga: Prediksi Indonesia Vs Guinea, Permainan Fisikal untuk Lolos Olimpiade

2. Indonesia Negara Pertama ASEAN di Playoff Olimpiade

Indonesia mencatatkan diri sebagai negara asal ASEAN atau Asia Tenggara pertama yang mentas di babak playoff Olimpiade Paris 2024. Sebelumnya, tidak ada negara asal Asia Tenggara lainnya yang menembus babak playoff Olimpiade.

Tentu catatan tersebut menjadi kesempatan emas bagi timnas U23 Indonesia untuk menorehkan sejarah dengan lolos ke Olimpiade Paris 2024 jika berhasil mengalahkan Guinea.

3. Sama-Sama Mengandalkan Pemain Abroad

Baik timnas U23 Indonesia maupun Guinea, keduanya sama-sama banyak mengandalkan pemain abroad. Para pemain tersebut menjadi kekuatan inti dari masing-masing timnas.

Penonton bakal disajikan duel menarik yang ditunjukkan kedua timnas tersebut.

Di timnas U23 Indonesia ada Nathan Tjoe A-On yang bermain di Liga Belanda bersama SC Heerenveen, Ivar Jenner (Utrecht/Belanda), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze/Belgia) dan Rafael Struick (Ado Den Haag/Belanda).

Sementara itu, Guinea juga dihuni pemain-pemain yang abroad di sejumlah Liga Eropa, seperti Saidou Sow (Strasbourg/Perancis), Ousmane Camara (FC Annecy/Perancis), Ilaix Moriba (Getafe/Spanyol), Algassime (Olympiacos Piraeus/Yunani), serta Aguibou Camara (Atromitos Athens/Yunani).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com