Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Madura United Vs Persebaya, Debut Josep Gombau, Motivasi Souza Ukir Sejarah

Kompas.com - 17/09/2023, 14:00 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Derbi Suramadu antara Madura United melawan Persebaya Surabaya akan berlangsung pada pekan ke-12 Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bangkalan, Minggu (17/9/2023) sore 15.00 WIB.

Derbi Suramadu selalu berjalan dengan sengit dan penuh gengsi. Kedua tim termotivasi untuk menjadi yang terbaik sebagai klub bertetangga, yang dipisahkan oleh Jembatan Suramadu itu.

Diprediksi laga ini akan berjalan seru, apalagi ada beberapa momen dan motivasi yang menjadi bumbu penyedap persaingan keduanya.

Pelatih baru Persebaya, Josep Gombau, akan menjalani laga debut meskipun hanya memiliki waktu yang terbatas.

Baca juga: Paulo Victor Yakin Josep Gombau Menaikkan Level Persebaya

Ia datang pada Kamis (14/9/2023) atau H-3 pertandingan. Dalam waktu yang sangat singkat tersebut, mantan pelatih Kitchee SC itu sudah mempelajari kondisi Persebaya dan juga menganalisis kekuatan Madura United.

"Madura United tim bagus. Saya melihat sekitar 2-3 pertandingan terakhir mereka. Mereka bermain cukup bagus, buktinya mereka jadi pemuncak klasemen," tutur pelatih asal Spanyol itu.

"Ini akan jadi pertandingan yang cukup menyulitkan untuk kami. Namun, kami juga sedang dalam tren yang bagus. Lima pertandingan terakhir belum terkalahkan," katanya.

Target tak mau muluk-muluk. Fokusnya adalah mempertahankan ritme yang sudah ada serta menjaga dominasi Persebaya terhadap Madura United dari segi head to head.

Baca juga: Madura United Vs Persebaya, Bajul Ijo Uji Keperkasaan di Bangkalan

"Kami berharap bisa mempertahankan statistik bagus selama bertemu Madura. Kami berusaha agar mereka tetap tidak bisa menang melawan kami. Ini modal yang bagus untuk kami," katanya.

Berdasarkan catatan head to head, Persebaya unggul sangat telak dari Madura United.

Total dari 11 pertemuan, delapan laga dimenangi oleh Bajul Ijo, sedangkan tiga lainnya berakhir imbang. Adapun Madura United belum sekalipun menang atas Persebaya.

Masa transisi pemain Persebaya membuka peluang Madura United untuk memetik kemenangan perdana. Tim berjuluk Laskar Sape Kerrab sedang dalam momentumnya.

Tim saat ini sedang di jalur juara dengan perkasa di puncak klasemen sementara Liga 1 2023-2024 selama enam pekan terakhir. Koko Ari Araya dkk juga menjadi tim terproduktif dengan tujuh kemenangan, dua imbang, dua kali kalah serta mencetak 21 gol.

Pelatih Madura United, Mauricio Souza, melihat head to head pada masa lalu tidak akan membuat Madura United gentar.

"Sepanjang Minggu ini, saya dengar tentang itu. Madura tidak pernah menang lawan Persebaya. Jadi, tugas kami besok kasih yang terbaik di dalam lapangan. Seperti itu yang kami lakukan saat menghadapi siapa pun lawan," kata pelatih asal Brasil itu.

Baca juga: Peran Ganda Josep Gombau di Persebaya, Nasib Uston Nawawi Masih Dirahasiakan

"Kami punya kesempatan untuk membuat pertandingan berakhir bagus dan ada peluang memenangi pertandingan. Kami bisa mengakhiri catatan tak pernah menang dari Persebaya," katanya.

Motivasi Madura United semakin tinggi karena sepanjang musim 2023-2024 tidak pernah kalah saat bermain di kandang, yaitu empat menang dan sekali kalah.

"Kami tahu Persebaya tim bagus, yang naik dalam liga performanya, tetapi kami di kandang dan kami punya motivasi tinggi untuk menciptakan pertandingan luar biasa," ucap Mauricio Souza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com