Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persib Yakin Format Baru Bikin Liga 1 2023-2024 Lebih Menarik

Kompas.com - 23/05/2023, 17:40 WIB
Adil Nursalam,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gambaran pelaksanaan kompetisi Liga 1 2023-2024 telah dijelaskan dengan saksama oleh operator PT Liga Indonesia Baru (LIB). 

Sesuai kesepakatan bersama dalam sarasehan dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, jumlah pertandingan Liga 1 akan bertambah dengan adanya babak empat besar. 

Sebanyak total 306 pertandingan akan berlangsung selama musim reguler diikuti 18 klub dengan format double round robin

Babak empat besar atau Championship Series akan diikuti oleh empat tim terbaik dengan format knock out dalam dua leg. Artinya, akan ada tambahan delapan pertandingan di fase gugur. 

Baca juga: Format Baru Liga 1 2023-2024, Persib Tetap Patok Target Juara

Direktur Persib, Teddy Tjahjono, menerangkan adanya babak empat besar atau Championship Series ini tidak lepas dari kesepakatan mayoritas pemilik klub Liga 1. 

“Selain Reguler Series, ada empat besar, jadi dari Reguler Series maju ke Championship Series. Akan ada babak play-off untuk empat besar,” tutur Teddy. 

“Jadi, karena memang ini adalah suatu apa ya, kesepakatan dari mayoritas pemilik klub Liga 1, maka semua pihak bersepakat menjalankan Liga 1 2023-2024 dengan format seperti itu,” paparnya. 

Baca juga: Persib Sambut Aturan Pemain Asing 5+1, Pintu untuk 2 Personel Baru?

Persib melihat ada sisi hiburan yang lebih menarik dengan penerapan Championship Series. Penentuan juara dirasa akan lebih seru dengan adanya babak empat besar. 

Situasi seperti musim lalu, di mana tim juara sudah ketahuan sebelum kompetisi berakhir, dipastikan tidak akan terjadi pada Liga 1 2023-2024.

Format baru ini sebenarnya seperti mengadopsi gelaran Indonesia Super League (ISL). Bedanya, fase gugur ISL terdiri dari babak 8 besar, semifinal, dan final.

Di sisi lain, setelah diputar Reguler Series, Liga 1 musim depan langsung masuk empat besar alias semifinal. 

“Pasti dari sisi tontonan dan entertainment lebih menarik. Karena, masih ada babak empat besar diperebutkan untuk memperebutkan juara,” papar Teddy. 

Baca juga: Daftar Pemain Persib Habis Kontrak

Penentuan posisi satu, dua, dan tiga pun diprediksi akan seru dan menantang. Peringkat itu akan dipakai sebagai acuan untuk penentuan tiket menuju kompetisi Asia yakni AFC Champions League dan AFC Cup. 

“Termasuk dari aturan baru yang dikeluarkan LIB di mana posisi satu, kedua, ketiga, dari babak Championship Series itu berhak untuk maju ke ACL dan AFC Cup,” kata Teddy menjelaskan. 

Persib mendukung penuh format baru kompetisi Liga 1 2023-2024, karena itu merupakan kesepakatan bersama para pemilik klub.

“Karena mayoritas pemilik klub Liga 1 mendukung. Kami pasti dukung dengan suara mayoritas,” tuturnya mengakhiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com