Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persebaya Vs PSM Makassar: Laga Sulit, Aji Beri Pesan Khusus Bonek

Kompas.com - 24/02/2023, 10:50 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com Persebaya Surabaya melakoni laga yang cukup sulit saat menjamu pemuncak klasemen sementara Liga 1 2022-2023, PSM Makassar, pada pekan ke-26 di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, Jumat (24/2/2023) sore.

Persebaya vs PSM adalah laga sarat gengsi, duel dua tim klasik sepak bola Indonesia yang memiliki sejarah cukup panjang.

Laga kedua tim menyedot perhatian untuk disaksikan. Hubungan suporter Persebaya dan PSM bisa dibilang harmonis sehingga jarang terjadi hal yang tak diinginkan saat kedua tim bertemu.

Walau demikian, pelatih Persebaya Aji Santoso memberi pesan khusus kepada suporter Persebaya, Bonek dan Bonita, untuk bisa berlapang dada apabila hasil di lapangan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Baca juga: Persebaya Surabaya Vs PSM Makassar, 2 Pemain Asing Bajul Ijo Kembali

Ia tidak ingin sikap kurang dewasanya suporter dalam menerima hasil pertandingan berujung pada kerugian yang diderita tim dan juga keberlangsungan kompetisi musim ini.

Ia meminta para suporter untuk mendukung tim secara sportif.

"Saya sampaikan untuk teman-teman Bonek dan Bonita untuk mendukung secara sportif. Artinya, mereka mendukung secara maksimal kepada tim kebanggaan. Namun, jangan lupa di sepak bola semua bisa terjadi," kata pelatih berlisensi AFC Pro itu.

"Saya berharap pertandingan-pertandingan berikutnya dalam kondisi yang bagus, bisa menang. Namun, seumpamanya kalau ada hal-hal yang tidak sesuai, sepak bola itu semua bisa terjadi," ucapnya.

Baca juga: Persebaya Surabaya Vs PSM Makassar, Luis Milla Dukung Bajul Ijo

Menurut Aji Santoso, semua tim bisa mengalami kekalahan di kandang sendiri meski hal itu tidak diinginkan.

Ia mengambil contoh soal kekalahan dua tim besar di Indonesia di kandangnya, Persib Bandung dan Persija Jakarta.

Berkaca dari hasil minor yang diterima kedua tim tersebut, kedua tim tidak melampiaskan kekecewaan dengan melakukan tindakan-tindakan yang negatif.

Ia menegaskan bahwa tim berjuluk Bajul Ijo akan berusaha membalas dukungan maksimal yang diberikan suporter dengan tampil all out melawan PSM.

Pemain Persebaya Surabaya merayakan kemenangan usai mengalahkan Madura united saat pertandingan pekan ke-21 Liga 1 2022-2023 yang berakhir dengan skor 0-2 di Stadion Gelora Ratu Pamelingan Pamekasan, Minggu (29/1/2023) sore.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pemain Persebaya Surabaya merayakan kemenangan usai mengalahkan Madura united saat pertandingan pekan ke-21 Liga 1 2022-2023 yang berakhir dengan skor 0-2 di Stadion Gelora Ratu Pamelingan Pamekasan, Minggu (29/1/2023) sore.

Sho Yamamoto dkk akan memanfaatkan dukungan suporter sebagai semangat dan motivasi tambahan untuk bisa memberikan permainan terbaik di atas lapangan dan mendapatkan hasil maksimal di kandang sendiri.

"Yang terpenting bagaimana suporter memberi dukungan maksimal akan kami imbangi balas dengan fighting spirit yang maksimal agar mendapat hasil yang maksimal," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com