Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akademi Sepak Bola Perancis di Jakarta: Tukar Ilmu dan Asa Sepak Bola Putri Maju

Kompas.com - 08/09/2022, 19:00 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyambut baik keberadaan French Football Academy alias Akademi Sepak Bola Prancis di Jakarta.

French Football Federation (FFF) akan meluncurkan Akademi Sepak Bola Perancis di Jakarta di Lapangan Sepak Bola Pulomas, Jakarta Timur, Sabtu (10/9/2022) pukul 08.00-10.00 WIB.

Akademi Sepak Bola Perancis di Jakarta akan menampung 800 pemain, baik putra maupun putri, mulai usai 4-18 tahun.

Wakil Sekretaris Jenderal PSSI, Maaike Ira Puspita, menilai akademi ini bisa bermanfaat sebagai pertukaran ilmu sepak bola Perancis dan Indonesia.

"Kami melihat ini sebagai platform yang bagus supaya ke depannya kami bisa membangun program grassroot (akar rumput) yang sesuai," kata Ira usai konferensi pers di Institut Francais Indonesia, Kamis (8/9/2022), yang turut dihadiri Kompas.com.

"Kami juga ingin bertukar pengetahuan. Jadi, metode-metode apa saja yang diterapkan pelatih Perancis, lalu itu bisa kami ambil dan modifikasi dengan metodologi Indonesia supaya kami bisa membangun pemain yang lebih bagus," kata Ira.

Baca juga: Federasi Sepak Bola Perancis Buka Akademi di Jakarta

Selain itu, Ira juga menegaskan Akademi Sepak Bola Perancis di Jakarta juga bermanfaat bagi pengembangan usia dini khususnya, bagi sepak bola wanita.

"Terakhir kani mengerucut terhadap perkembangan sepak bola wanita. Sekarang jumlah pemain wanita ini masih belum dioptimalisasikan," katanya.

"Jadi, dari pemainnya, pelatih, dan ketiga kami sudah punya stempel, idenya adalah FFF Academy ini akan jadi suatu platform di mana anak anak perempuan bisa terproteksi, aman, nyaman untuk bermain sepak bola," ucapnya lagi.

Baca juga: Bedah Kekuatan Grup D Piala Dunia 2022: Perancis dalam Bayang-bayang Kutukan Juara Bertahan

"Ditambah lagi nanti dengan pelatih-pelatihnya nya yang wanita. Jadi, pasti PSSI menyambut baik, jadi sangat sangat berterima kasih telah dibukakan kesempatan untuk bekerja sama," ucap dia.

Sesi konferensi pers pembukaan Akademi Sepak Bola Perancis oleh FFF (French Football Federation) di Jakarta, Kamis (8/9/2022).KOMPAS.com/Farahdilla Puspa Sesi konferensi pers pembukaan Akademi Sepak Bola Perancis oleh FFF (French Football Federation) di Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Sebelum hadir di Indonesia, Akademi FFF ini juga sudah beroperasi di beberapa negara, yakni Perancis, Amerika Serikat, Kanada, Singapura, dan Arab Saudi.

Di Jakarta, Akademi FFF akan dibuka di sejumlah tempat. Selain di Pulomas, Akademi Sepak Bola Perancis ini juga akan bertempat di DM Sport (Tangerang), PSF Pancoran (Jakarta Selatan), dan Life French School (Jakarta Selatan).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com