Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Napoli Vs Barcelona: Xavi Tegaskan Barca Harus Tetap Dominasi Penguasaan Bola

Kompas.com - 24/02/2022, 09:00 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com - Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, menegaskan bahwa tim yang lebih banyak memegang bola bakal jadi pemenang pada leg kedua babak knock-out Liga Europa.

Pernyataan Xavi Hernandez ini menjelang pertandingan Napoli versus Barcelona di Stadion Diego Armando Maradona, Naples, Kamis (24/2/2022) atau Jumat dini hari WIB.

Kedua tim akan berada kekuatan untuk memperebutkan tiket babak delapan besar Liga Europa.

Belum bisa dipastikan siapa yang lolos karena pada leg pertama di Camp Nou pada 17 Februari, mereka berbagi skor 1-1.

Baca juga: Hasil Liga Europa: Barcelona Vs Napoli Imbang, Dortmund Tumbang

Kala itu, Napoli sempat membuat publik tuan rumah terhenyak ketika Piotr Zielinski menjebol gawang Barca pada menit ke-29.

Beruntung, Barca mendapat penalti yang bisa dieksekusi dengan baik oleh Ferran Torres pada menit ke-59.

Lantaran mulai musim ini tak ada sistem gol kandang-tandang dalam kompetisi Eropa, maka hanya pemenang pada leg kedua dipastikan lolos. 

Barca dalam situasi yang kurang menguntungkan karena harus menghadapi tekanan suporter Napoli yang terkenal sangat fanatik. Apalagi, Napoli pun memperlihatkan pertahanan yang solid seperti pada leg pertama.

"Ini merupakan rivalitas level Liga Champions," ujar Xavi dalam konferensi pers menjelang pertandingan.

Baca juga: Hasil Barcelona Vs Napoli 1-1: Ferran Torres Jaga Asa Blaugrana Lolos dari Playoff Liga Europa

"Penting bagi kami untuk mendominasi penguasaan bola. Ini akan menjadi perang sepak bola dan siapa pun yang menguasai bola akan menang."

"Mereka akan banyak membatasi dan atmosfer di stadion bakal sangat intens. Tak ada cara lain selain terus dengan model kami."

Xavi pun menegaskan bahwa Barca harus berjuang lebih keras dibandingkan laga sebelumnya. Jika tidak, mereka dipastikan kehilangan peluang meraih gelar Eropa musim ini.

Barca turun kasta ke Liga Europa setelah tersingkir dari persaingan grup Liga Champions. Barca hanya finis di peringkat ketiga penyisihan grup Liga Champions musim ini karena kalah bersaing dengan Bayern Muenchen dan Benfica.

Baca juga: Masih Kecewa Barcelona ke Liga Europa, Xavi Marah Dengar Lagu Liga Champions

Gelar Liga Europa bisa menjadi jaminan Barca kembali ke Liga Champions musim depan. Jika tidak, mereka harus berjuang ekstra keras dalam kompetisi domestik di mana saat ini Barca belum bisa menjamin posisi tersebut.

Barca ada di urutan keempat klasemen sementara LaLiga, kasta tertinggi Liga Spanyol. Ini merupakan posisi terbawah zona Liga Champions.

Namun posisi Barca belum aman karena memiliki koleksi poin yang sama dengan Atletico Madrid di urutan kelima. Kedua tim sama-sama memiliki total 42 poin, tetapi Barca masih menyimpan satu laga.

Villarreal di urutan keenam pun ikut memberikan ancaman. Tim berjulukan Kapal Selam Kuning ini hanya tertinggal tiga poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com