Kompas.com - 23/01/2022, 10:00 WIB
Penulis Ahmad Zilky
|

KOMPAS.com - Indonesia Esports Association (IESPA) memasuki babak baru dengan kaum milenial dipercaya menjadi mesin penggerak IESPA untuk menghadapi persaingan dunia.

Personil kaum milenial jelas terlihat pada acara pelantikan kepengurusan IESPA periode 2019-2024 pimpinan RM Ibnu Riza Pradipto yang dilakukan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari di Arthotel Jakarta, Sabtu (22/1/2022).

"Tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah pada IESF World Championship ke-14 di Bali. Kita harus siap,” kata Ibnu Riza Pradipto dalam sambutannya.

Baca juga: IESPA Punya Ketua Umum Baru

"Dan, kami juga harus mampu membuktikan bahwa kami bisa menjadi terbaik. Baik itu prestasi, organisasi, platform, sistem, penyelenggaraannya, dan juga manusianya," lanjutnya.

"Kesempatan besar dan langka ini, IESF World Championships 2022 yang didapatkan Indonesia, harus mampu kita eksekusi dan realisasikan dengan baik," tambahnya.

Ibnu Riza cukup menyadari kepengurusannya akan menghadapi pekerjaan rumah (PR) yang berat.

Oleh sebab itu, dia menambah 3 bidang baru, yakni Bidang Ekonomi Kreatif, Bidang Sports Tourism dan Bidang Robotic dan Drone.

Bidang Ekonomi Kreatif dan Bidang Sports Tourism, kata Ibnu Riza Pradipto, merupakan konsekuensi logis dari kegiatan dan perkembangan industri Esports.

Bukan hanya hebat prestasinya, Indonesia juga harus mampu menimba revenue dan menciptakan industrinya.

Baca juga: IESPA Dukung GOX.ID Majukan Dunia Esports di Indonesia

"Dengan 45 juta gamers yang ada di negara kita, ini lebih besar dari populasi negara di Eropa, Esports di Indonesia tidak boleh hanya bersifat konsumtif," jelasnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.