Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2022, 17:00 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KUTA, KOMPAS.com - Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong tidak mau main-main dalam uji coba FIFA Matchday melawan Timor Leste yang akan diselenggarakan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada tanggal 27 dan 30 Januari nanti.

Pada laga ini skuad Garuda jauh diunggulkan karena ada perbedaan kualitas dan pengalaman kedua tim.

Secara ranking FIFA Indonesia ada di peringkat 164. Sedangkan Timor Leste ada di posisi 196, atau 15 posisi terbawah di ranking FIFA.

Selain itu catatan di Piala AFF 2020 juga bisa menjadi tolok ukur. Indonesia finis sebagai runner up Piala AFF 2020, sedangkan Timor Leste menjadi tim juru kunci babak penyisihan Grup A.

Baca juga: Pelatih dari Korsel Menjamur di Asia Tenggara, Begini Tanggapan Shin Tae-yong

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menegaskan tidak akan setengah-setengah pada laga kontra Timor Leste. Walau begitu, kemenangan bukanlah satu-satunya tujuan yang ingin dicapai.

“Memang Timor Leste sempat ikut pertandingan Piala AFF 2020 dan saya sudah menyaksikan pertandingan tersebut,“ tutur Shin Tae-yong.

“Timor Leste memang secara ranking berada di bawah kita, tapi kami akan mencoba bermain sesuai permainan yang kita inginkan,” katanya menambahkan.

Pemain Timnas Indonesia Sani Rizki memperhatikan arahan asisten pelatih saat latihan persiapan ujicoba FIFA Matchday di Stadion Gelora Trisakti Kuta, Bali, Jumat (21/1/2022) sore.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pemain Timnas Indonesia Sani Rizki memperhatikan arahan asisten pelatih saat latihan persiapan ujicoba FIFA Matchday di Stadion Gelora Trisakti Kuta, Bali, Jumat (21/1/2022) sore.

Laga kontra Timor Leste memang bukan sekadar uji coba atau upaya untuk menambah poin pada ranking FIFA, namun juga sebagai bagian persiapan menuju Piala AFF U23 2022 Februari nanti.

Rata-rata pemain yang dipanggil Shin Tae-yong memang masuk kriteria U23 meski timnas yang bertanding lawan Timor Leste nanti berlabel senior.

Baca juga: Shin Tae-yong Butuh Waktu untuk Ukur Kualitas Pemain Baru Timnas Indonesia

Partai kontra Timor Leste ini juga menjadi ajang uji kelayakan pemain-pemain baru yang disiapkan khusus untuk Piala AFF U23 2022 semodel Adi Satriyo, Achmad Figo, Bayu Fiqri, Marselino Ferdinand, dan Ronaldo Kwateh.

Sembari menguji kualitas pemain-pemain muda tim, Shin Tae-yong juga ingin anak asuhnya menyuguhkan permainan yang menarik untuk fans.

“Misalnya Timor Leste bekerja maksimal dalam pertandingan nanti pastinya bisa menjadi pertandingan yang menyenangkan untuk fans,” kata sang pelatih mengakhiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com