Kompas.com - 01/12/2021, 04:50 WIB
Kombinasi file foto yang dibuat pada 29 November 2021, menunjukkan reaksi penyerang Lionel Messi, saat menerima penghargaan sepak bola Ballon d'Or. Lionel Messi baru saja memenangi penghargaan Ballon d'Or untuk ketujuh kalinya dalam sebuah upacara di Paris pada 29 November 2021. AFP/FRANCK FIFEKombinasi file foto yang dibuat pada 29 November 2021, menunjukkan reaksi penyerang Lionel Messi, saat menerima penghargaan sepak bola Ballon d'Or. Lionel Messi baru saja memenangi penghargaan Ballon d'Or untuk ketujuh kalinya dalam sebuah upacara di Paris pada 29 November 2021.
|

KOMPAS.com - Terdapat suara-suara sumbang terkait keberhasilan megabintang asal Argentina Lionel Messi meraih trofi Ballon d'Or 2021.

Lionel Messi meraih gelar Ballon d'Or, pemain terbaik dunia, 2021 setelah unggul dalam perolehan suara dari para pesaingnya.

Bintang yang kini membela Paris Saint-Germain (PSG) itu menerima trofi Ballon d'Or pada malam penganugerahan di Theatre du Chatelet, Paris, Perancis, Senin (29/11/2021).

Messi memenangi penghargaan Ballon d'Or 2021 dari total 30 nomine. Dia unggul 33 poin atas pesaing terdekatnya, Robert Lewandowski (Bayern Muenchen/Polandia).

Baca juga: Hasil Lengkap Perolehan Poin Ballon dOr 2021: Messi-Lewandowski Ketat, Ronaldo...

Adapun gelandang Chelsea dan timnas Italia, Jorginho, melengkapi posisi tiga besar, setelah Messi dan Lewandowski.

Messi pun semakin mengukuhkan dirinya sebagai pemilik Bola Emas terbanyak dalam sejarah.

Messi sudah tujuh kali meraih trofi Ballon d'Or yang diperoleh pada 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019, dan 2021.

Namun, tak semua pihak bisa menerima kesuksesan Messi.

Baca juga: Ronaldo Sebut Pihak France Football Bohong soal Ambisi Kejar Ballon dOr Messi

Gelandang legendaris timnas Jerman, Lothar Matthaus, menjadi salah satu pesohor yang menyatakan ketidaksukaannya terhadap keputusan France Football, selaku penyelenggara Ballon d'Or.

Dia menilai Lewandowski lebih layak naik podium juara dibanding Messi.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.